Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaPasaman Diguncang Gempa, 6 Tewas dan Puluhan Rumah Rusak

Pasaman Diguncang Gempa, 6 Tewas dan Puluhan Rumah Rusak

Padang (Waspada Aceh) – Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 (sebelumnya disebut 6,2) mengguncang Pasaman Barat, Sumatera Barat, pukul 08.39 WIB, Jumat (25/2/2022).

Lokasi gempa di darat pada jarak 17 km Timur Laut Pasaman Barat dengan keadalaman 10 Km. Gempa ini dilaporkan telah menelan korban jiwa dan melukai puluhan warga.

Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) setempat telah dikerahkan untuk membantu para korban. Warga juga diminta waspada karena masih ada potensi gempa susulan.
Kepala BMKG, Dwikorina Karnawati, menyebutkan, gempa berkekuatan 6,1 ini disertai sedikitnya 15 kali gempa susulan. BMKG memprediksi masih akan ada gempa susulan selama 1-2 hari ke depan dengan bermagnitudo rendah.

Saksi mata menyebutkan, puluhan rumah di Kabupaten Pasaman Barat roboh. Sementara itu rumah sakit setempat kewalahan melayani banyaknya warga yang terluka.

Laporan korban jiwa masih simpang siur. Ada yang menyebutkan 2 orang, 4 orang dan ada juga laporan yang menyebutkan jumlah korban jiwa mencapai 6 orang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto, dalam jumpa pers siang tadi mengungkapkan, gempa di Pasaman Barat telah menyebabkan 2 orang meninggal dunia dan 20 luka-luka.

Namun laporan lain ada yang menyebutkan, hingga Jumat siang ini, tercatat jumlah yang meninggal mencapai 6 orang, yakni warga Pasaman dan Pasaman Barat. (Ris)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER