Jumat, April 19, 2024
Google search engine
BerandaOmbudsman Aceh Soroti Layanan dan Kekeringan Air Bersih PDAM Tirta Montala

Ombudsman Aceh Soroti Layanan dan Kekeringan Air Bersih PDAM Tirta Montala

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ombudsman RI Perwakilan Aceh menyoroti layanan air bersih PDAM Tirta Montala yang mengecawakan pelanggan di kawasan Lampeneurut, Lamtheun, Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar.

Sudah sejak dua tahun terakhir ini warga mengeluhkan layanan PDAM karena pendistribusian air bersih ke rumah pelanggan tersendat, airnya sering keruh dan terkesan tidak ada perbaikan.

“Tidak ada peningkatan, masih seperti ini juga. Jika air Mata Ie kering, maka air PDAM di sini juga kering,” kata Zulfahmi, warga Lamtheun kepada Waspadaaceh.com, Kamis (30/6/2022).

Dia mengatakan, kekeringan terjadi jika memasuki musim panas. Mata Ie yang menjadi sumber air untuk air bersih juga bisa menurun debit airnya sehingga air untuk pelanggan tidak tersedia. Kekeringan bahkan pernah terjadi di daerah itu hingga dua pekan lamanya.

“Warga sulit, jadi kita beli air galon. Kita kesulitan. Bahkan untuk mandi pagi dan sore pulang kerja harus menumpang ke rumah sanak keluarga yang tersedia air bersih. Kita pun sudah menyampaikannya ke anggota DPRK, tidak ada solusi juga,” ujarnya.

Zul menyatakan, pada akhir bulan Mei lalu, kekeringan terjadi di kawasan itu selama dua pekan. Kondisi yang sama sudah berlangsung lama bahkan sejak beberapa tahun ke belakang.

Terkait hal itu, Plt Kepala Ombudsman Aceh, Abyadi Siregar, mengaku cukup prihatin dan merasa heran satu wilayah di Aceh Besar itu bisa kekeringan air bersih.

“Saya berharap masalah ini menjadi atensi serius bagi bupati. Karena air merupakan kebutuhan utama masyarakat. Ini terkait hajat dan kepentingan hidup orang banyak,” ungkapnya.

Abyadi pun mengaku mendapat informasi bahwa sambungan pipa air bersih PDAM dari Lambaro tidak terkoneksi dengan pipa dari Mata Ie. Jika musim kekeringan melanda di kawasan aliran Darul Imarah, air mati.

Terkait hal itu, Dirut PDAM Tirta Montala, Sulaiman, yang dikonfirmasi Waspadaaceh.com, sejak Rabu, (29/6/2022) hingga Kamis, (30/6/2022), belum memberikan jawaban. (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER