Beranda Aceh Mimbar Masjid Mujiatul Anam Tangse Terbakar

Mimbar Masjid Mujiatul Anam Tangse Terbakar

BERBAGI
Seorang pengurus Masjid Mujiatul Anam, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, sedang memperhatikan kondisi plafon di atas mimbar yang terbakar, Jumat (18/3/2022). (Waspada/Muhammad Riza)

Sigli (Waspada Aceh) – Mimbar Masjid Mujiatul Anam di Gampong (Desa) Krueng Sekeuk, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, terbakar, diduga akibat arus pendek listrik, Jumat dini hari (18/3/2022).

“Perlu kami jelaskan, ini bukan dibakar, tetapi terbakar akibat arus pendek listrik,” kata Camat Tangse, Khairul Anwar.

Dia menegaskan, di lokasi tidak ditemukan benda -benda bekas dibakar, seperti bau minyak dan sebagainya. Namun kata dia di atas mimbar masjid yang terbakar itu sebelumnya ada dipasang bola lampu untuk penerang. Akibat insiden itu, plafonnya terbakar, sedangkan mimbar masjid hanya sebagian saja terbakar.

Namun begitu pelaksanaan ibadah shalat Jumat hari ini tetap berlangsung normal. Mimbar masjid yang telah terbakar diganti dengan meja. Khatib dan Imam sholat Jumat Tgk Salman Ibrahim.

“Begitu mengetahui ada insiden terbakarnya mimbar masjid, warga ramai-ramai datang melakukan gotong-royong, mereka membersihkan bekas kebakaran sehingga shalat Jumat berlangsung normal tadi,” kata Khairul.

Musrizal, salah seorang warga Gampong Krueng Seukeuk yang rumahnya berdekatan dengan Masjid Mujiatul Anam, mengatakan dia ketika itu sedang tertidur, tiba-tiba terbangun setelah mendengar suara aneh dari arah masjid. Kemudian dia keluar melihat api yang membesar pada arah mimbar di dalam masjid.

Kemudian Musrizal berteriak minta tolong seraya membangunkan warga lainnya. Selanjutnya warga datang dan membantu memadamkan api. Tidak lama berselang api pun berhasil dipadamkan.

Kapolres Pidie AKBP Padli, melalui Kasat Reskrim Iptu Muhammad Rizal, megatakan polisi telah turun ke lokasi dan melakukan olah TKP. “Sekarang tim identifikasi dari Sat Reskrim Polres Pidie bersama Polsek Tangse sedang melakukan olah tempat kejadian perkara untuk mengetahui penyebab terjadi kebakaran tersebut,” katanya (b06)

BERBAGI