Selasa, Maret 5, 2024
Google search engine
BerandaAcehMeski Harga Melejit, Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Diserbu Konsumen di TPI Lampulo

Meski Harga Melejit, Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Diserbu Konsumen di TPI Lampulo

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ikan hasil tangkapan para nelayan diserbu pembeli di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lampulo, Banda Aceh, meski harganya melejit. Itu terjadi karena nelayan mulai melaut pasca Idul Adha, setelah sebelumnya libur beberapa hari.

Pantauan Waspadaaceh.com, Kamis pagi (13/7/2023), tampak kapal KM Sinar Surya Baru yang baru saja tiba dari laut. Para nelayan sibuk mengangkut ikan hasil tangkapan dari kapal menuju TPI Lampulo.

Salah satu “Toke Bangku” bernama Apa Oeh menyatakan, para nelayan telah mulai beraktivitas melaut setelah lebaran Idul Adha. Toke bangku adalah orang yang menerima ikan untuk dijual dan mendapatkan komisi dari hasil penjualan.

“Kenaikan harga ikan juga karena ini trip pertama nelayan pulang melaut setelah Idul Adha, dan kapal-kapal baru kembali satu per satu,” ungkapnya saat ditemui Waspadaaceh.com.

Apa Oeh juga menyebutkan harga ikan tongkol saat ini dijual seharga Rp22.000 per kilogram (Kg), meningkat dari sebelumnya Rp16.000/Kg.

Sementara itu, harga ikan tongkol sisik saat ini adalah Rp16.000/Kg dari sebelumnya Rp12.000/Kg, dan harga ikan dencis dijual seharga Rp21.000/Kg dari sebelumnya Rp11.000/Kg.

Apa Oeh juga menjelaskan bahwa satu kapal dapat menampung hingga 20 ton ikan berbagai jenis. “Alhamdulillah, hari ini berbagai jenis ikan dapat ditampung hingga dua puluh ton,” jelasnya.

Apa Oeh mengatakan, meskipun harga ikan sempat mengalami penurunan minggu lalu, tapi saat ini mengalami kenaikan, Apa Oeh memprediksi harga ikan akan mulai stabil kembali setelah kondisi cuaca mendukung.

Toke Bangku lainnya, Teuku Hamdani, menyebut dia sedang menunggu kepulangan tiga kapal lain yang saat ini sedang mencari ikan di laut. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments