Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaMeriah, Pawai Kemerdekaan HUT ke-78 RI di Banda Aceh

Meriah, Pawai Kemerdekaan HUT ke-78 RI di Banda Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ratusan siswa di Kota Banda Aceh dan sekitarnya menyemarakkan karnaval kemerdekaan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia.

Pantauan Waspadaaceh.com pada Sabtu (19/8/2023), siswa-siswa ini mengenakan beragam kostum, termasuk pakaian adat Aceh, Gayo, Jawa dan nusantara.

Setiap tahun, peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus dirayakan dengan antusiasme dan semangat tinggi di seluruh penjuru Tanah Air.

Tidak hanya pakaian adat, kostum berbagai profesi seperti TNI/Polri, dokter, Pegawai Negeri Sipil (PNS), petani, nelayan, dan pekebun.

Pawai dimulai pukul 08.00 WIB, dengan peserta yang bersorak-sorai, menyanyikan yel-yel, dan lagu melantunkan kebangsaan.

Yusran, seorang siswa MIN Ulee Kareng Banda Aceh mengenakan kostum adat Aceh, Ia mengungkapkan bahwa tahun lalu ia juga ikut serta dalam pawai tersebut. Meski harus berjalan kaki, semangat bersama membuatnya tidak merasa lelah.

“Alhamdulillah seru, bisa ketemu kawan-kawan dari banyak sekolah,” katanya. Yusran.

Rute pawai pejalan kaki dimulai dari Lapangan Blang Padang, melewati beberapa simpang seperti Museum Tsunami, Simpang Jam, Simpang Pendopo, dan Jalan Diponegoro Pasar Aceh, hingga akhirnya finis di Lapangan Blang Padang.

Sementara itu, rute pawai kendaraan hias dimulai dari Lapangan Blang Padang, mengikuti jalur yang melibatkan berbagai simpang seperti Simpang Museum Tsunami, Simpang Jam, Simpang Surabaya, dan lainnya.

Warga Banda Aceh dan sekitarnya sangat antusias menyaksikan kemeriahan pawai ini, trotoar jalan dipenuhi oleh penonton yang menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalan.

Indah, seorang warga Banda Aceh, sudah menunggu di sisi trotoar depan Museum Tsunami sejak pukul 7.00 WIB. Ia membawa anaknya untuk bersama-sama menikmati beragam keunikan dalam perayaan kemerdekaan ini.

“Sudah dari jam tujuh saya dan anak tunggu di sini, soalnya spotnya juga pas, jadi bisa nonton pawai dengan beragam kostum,” katanya.

Baginya, karnaval kemerdekaan adalah simbol nyata dari semangat nasionalisme dan cinta terhadap Tanah Air. (*)

Waspada Aceh on TV

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments