Beranda Disbudpar Aceh Menikmati Pesona Objek Wisata Air Terjun Tingkat Tujuh Tapaktuan

Menikmati Pesona Objek Wisata Air Terjun Tingkat Tujuh Tapaktuan

BERBAGI
Sejumlah pengunjung sedang menikmati objek wisata Air Terjun Tingkat Tujuh.(Foto/Faisal)

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Pesona keindahan wisata di Kabupaten Aceh Selatan tak perlu diragukan lagi. Salah satunya objek wisata Air Terjun Tingkat Tujuh.

Air Terjun ini terdiri tujuh tingkatan dengan jarak berbeda. Setiap tingkatan memiliki lubuk (kolam) kecil dengan ukuran bervariasi yang dapat dimanfaatkan untuk pemandian.

Dari cerita legenda Tuan Tapa, air terjun yang terletak di Gampong Batu Itam, Kecamatan Tapaktuan, tersebut merupakan tempat pemandian Putri Bungsu (Putri Naga).

Akses jalan ke lokasi wisata ini tergolong bagus. Sebab mulai dari masuk gapura yang berada persis di tepi jalan Medan-Tapaktuan, Desa Batu Itam, sampai ke lokasi pakir jalan telah diaspal.

Salah seorang pengunjung, Muksin, kepada Waspadaaceh.com, Minggu (17/10/2021) mengaku sudah dua kali mengunjungi wisata Air Terjun Tingkat Tujuh Tapaktuan. Di sini dia dapat menikmati keindahan tempat pemandian yang masih alami dan asri.

“Alamnya sangat menajupkan dan membuat kita nyaman. Kekurangannya hanya jembatan kecil penghubung tingkat 1 ke 2 yang terbuat dari kayu dapat dijadikan permanen,” ucapnya.

Pengelola Air Terjun Tingkat Tujuh, Afrinal, mengatakan, pengunjung wisata ini sepi sejak pandemi COVID-19. Sebelumnya tingkat pengunjung di sini cukup tinggi.

“Seperti menyambut meugang hari besar Islam dan hari libur sebelum COVID-19 cukup ramai pengunjungnya baik dari lokal maupun luar daerah,” katanya.

Selain itu pengunjung ke objek wisata ini tidak dipungut biaya, hanya diwajibkan membayar pakir roda dua Rp3.000 dan roda empat Rp10.000.

“Lokasi pakir di sini sempit. Kita harap pemerintah dapat memperluas areal pakir dan membangun fasilitas penunjang lainnya,” harapnya. (Faisal)

BERBAGI