Selasa, Mei 28, 2024
Google search engine
BerandaAcehMasyarakat 5 Gampong di Nagan Raya Demo PT Bara Energi Lestari

Masyarakat 5 Gampong di Nagan Raya Demo PT Bara Energi Lestari

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Ratusan orang perwakilan masyarakat dalam lima gampong di Kabupaten Nagan Raya, Kamis (17/2/2022), menggelar aksi demo di PT Bara Energi Lestari (BEL) yang berkokasi di Alue Buloh Kecamatan Seunagan.

Perwakilan masyarakat yang melakukan aksi demo di PT BEL antara lain, masyarakat Gampong Krung Mangkom, Paya Udeung, Alue Buloh, Krueng Ceuko serta perwakilan masyarakat Gampong Kuta Aceh.

Kasat Reskrim AKP Machfud, Kasat Intelkam AKP Supriadi serta Kapolsek Seunagan AKP Adhar, tampak mengawal ketat aksi demo tersebut untuk mengantisipasi masuknya provokator dan kericuhan.

Teuku Ridwan, koordinator demo, dalam orasinya mengatakan, mereka menuntut PT BEL agar transparan dalam mengalokasikan dana CSR dan dalam rekrutmen tenaga kerja lokal. Pengunjukrasa meminta perusahaan mengutamakan putra daerah.

“Pihak perusahaan juga harus bertanggung jawab untuk menutup lobang bekas galian tambang di Gampong Alue Buloh,” kata Teuku Ridwan.

Teuku Ridwan juga menegaskan, jika poin-poin tersebut tidak dipenuhi oleh pihak perusahaan pertambangan batu bara tersebut, maka warga lima gampong itu akan mengrim surat kepada menteri terkait, bahkan akan melaporkan kepada Presiden RI.

Sementara itu Indra Basudewa dari PT BEL menyebutkan, pihak perusahaan menampung semua aspirasi masyarakat serta berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan itu dengan bijaksana.

Selain itu, kata Indra Basudewa, PT BEL juga akan membangun keterbukaan informasi dalam berbagai kegiatan serta dalam rekrutmen tenaga kerja.

Kata Indra Basudewa, selama ini PT BEL tidak pernah menzalimi masyarakat karena setiap pekerjaan di perusahaan dijalankan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

PT BEL juga, kata dia, akan menjawab beberapa tuntutan masyarakat pada 21 Februari mendatang kepada perwakilan masyarakat lima gampong. (Zul Nagan)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER