Sabtu, Juli 13, 2024
Google search engine
BerandaM Taher Abdussalam, Jemaah Calon Haji Tertua dari Aceh, Berusia 100 Tahun

M Taher Abdussalam, Jemaah Calon Haji Tertua dari Aceh, Berusia 100 Tahun

Suasana haru terlihat di Aula Jedah, Asrama Haji Banda Aceh, ketika Jemaah Calon Haji tertua, Muhammad Taher Abdussalam, berusia 100 tahun, bersama ratusan jemaah lainnya dilepas untuk memulai ibadah haji. Acara pelepasan dihadiri oleh Pj Bupati Gayo Lues, Alhudri, Minggu (28/5/2023).

Dengan usia yang telah mencapai 100 tahun, M Taher, warga Marpunge, Kecamatan Putri Betung, Gayo Lues, akan memulai perjalanan menuju tanah suci Makkah pada Senin pagi (29/5/2023).

Terlihat M Taher mengenakan pakaian batik lengkap dengan peci, serta berselempang kain khas Gayo Lues. Meskipun telah berusia lanjut, tampak kondisi kesehatannya masih bugar.

M Taher mengungkapkan, cita-citanya untuk menjalankan ibadah haji telah ada sejak tahun 1986. Ia bercerita, sebagai seorang petani, ia menabung sedikit demi sedikit dari hasil perkebunannya.

Selain menanam kemiri, ia juga menanam berbagai jenis tanaman, termasuk coklat. Melalui usaha kerasnya, ia berhasil memperoleh pendapatan dari hasil panennya.

Tak hanya menjadi seorang petani, ternyata M Taher juga seorang veteran yang pernah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

M Taher menceritakan ia telah melakukan setoran untuk naik haji dengan jumlah awal sebesar Rp25 juta. Namun, rencananya untuk berangkat haji tertunda akibat pandemi yang melanda pada tahun 2020. Pada tahun 2022, ada pembatasan usia yang diberlakukan. Selain faktor usia, faktor kesehatan juga menjadi pertimbangan.

Sekarang, pada tahun 2023, M Taher mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji. Ia merasa kembali sehat dan bersemangat untuk mewujudkan impian tersebut.

“Alhamdulillah tahun ini dikasi kesempatan. Saya mulai sehat dan semangat lagi untuk bisa naik haji,” kata M Taher.

Dia mengatakan merasa bersyukur atas izin yang diberikan oleh Allah untuk berangkat ke tanah suci. Ia juga mendoakan keluarga dan seluruh masyarakat Indonesia.

Bagaimana bisa tetap sehat di usia 100 tahun? M Taher mengaku sangat menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, buah-buahan seperti jeruk dan sayur-sayuran.  (*)

Waspada Aceh on TV

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER