Beranda Nasional Kembangkan Bisnis di Pasar Global, PT Semen Indonesia Jalin Kemitraan dengan Perusahaan...

Kembangkan Bisnis di Pasar Global, PT Semen Indonesia Jalin Kemitraan dengan Perusahaan di Jepang

BERBAGI
Konferensi pers virtual terkait "Strategic Partnership Ceremony Success Through Partnership," pada Rabu (4/8/2021). ( foto/Cut Nauval d).

Banda Aceh (Waspada Aceh) – PT Semen Indonesia Group (SIG) melalui entitasnya yaitu PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tbk melakukan kerjasama dengan Taiheiyo Cement Corporation (TCC) Jepang dan akan memperluas pasar ekspor.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers virtual terkait “Strategic Partnership Ceremony Success Through Partnership, yang diselenggarakan Rabu (4/8/2021).

Direktur Utama Semen Indonesia Group, Hendi Prio Santoso mengatakan, investasi dari TCC dilakukan dengan mengakuisisi 15,04 persen kepemilikan saham SBI senilai USD 220 juta atau setara dengan Rp3,1 triliun.

Investasi TCC ini, lanjutnya, merupakan kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman tertanggal 21 April 2020 antara Semen Indonesia dan Solusi Bangun Indonesia dengan TCC.

Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha Semen Indonesia Group, Fadjar Judisiawan, menyebutkan, dalam kerjasama dengan TCC, Semen Indonesia Group telah mengamankan kontrak pengiriman sekitar 500.000 ton semen dan klinker ke Amerika Serikat.

“Dengan kerjasama ini, kami bisa melakukan ekspor ke pasar Amerika minimal 500 ribu ton per tahun dan juga memungkinkn bisa mencapai 1 juta ton per tahun,” tutur Fadjar Judisiawan.

Selain pasar Amerika, Fadjar mengatakan, peluang pengiriman ekspor ke negara lain lewat TCC seperti ke Filipina, Afrika, dan Australia. Kata Fadjar, SIG juga akan berkolaborasi dan bersinergi dalam pemanfaatan teknologi ramah lingkungan yang telah diterapkan TCC.

Menteri BUMN Erick Thohir melalui video yang ditayangkan dalam konferensi pers itu, mengapresiasi kerja keras SIG yang mampu merealisasikan transformasi menjadi BUMN kelas dunia. Yakni melalui kemitraan strategis, inovasi produk, model bisnis serta pelayanan sebagai nilai tambah dan daya saing di masa depan.

“Meskipun tantangan semakin besar khususnya di masa pandemi COVID-19, SIG telah membuktikan bahwa hal tersebut bukan menjadi halangan untuk mencapai proses bisnis yang lebih efisien,” kata Erick dalam videonya.

Dalam acara tersebut turut hadir Presiden Direktur PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (PT SBI) Aulia Mulki Oemar, Direktur Human Capital Legal and Corporate SBI Agung Wiharto. (Cut Nauval D)

BERBAGI