Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaNasionalIni 4 Calon Ketua Kwarnas yang Mengemuka pada Munas Pramuka di Aceh 

Ini 4 Calon Ketua Kwarnas yang Mengemuka pada Munas Pramuka di Aceh 

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Musyawarah Nasional (Munas) XI Gerakan Pramuka yang digelar di Aceh pada 1- 4 Desember 2023 akan memilih ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka periode 2023-2028.

Dalam konferensi pers yang digelar di Banda Aceh, Jumat (1/12/2023) Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjen TNI Bachtiar mengatakan ada empat calon yang diusulkan dalam pemilihan tersebut, yaitu Budi Waseso, Eris Herryanto, GKR Mangkubumi, dan Komarudin Watubun.

” Dari empat calon ini telah melalui berbagai tahapan seleksi administrasi, salah satu syaratnya pernah menjadi pengurus gerakan pramuka selama lima tahun, namun syaratnya ternyata yang terpenuhi hanya tiga calon yaitu Budi Waseso, Eris Herryanto, GKR Mangkubumi,” jelasnya.

Budi Waseso adalah seorang purnawirawan Polri yang sejak 27 Desember 2018 menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (KBRP).

Eris Herryanto adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI-AU dengan jabatan terakhirnya Sekjen Kemhan RI. Ia merupakan alumni AKABRI Udara tahun 1976 dan berasal dari Korps Penerbang Tempur. Ia juga merupakan penerbang pertama F-16 Fighting Falcon TNI AU pada tahun 1990.

GKR Mangkubumi adalah putri dari Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur Daerah Iatimewa Yogyakarta). Nama lengkapnya kini adalah Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawana Langgeng ing Mataram. Ia merupakan Wakil Ketua Kwartir Nasional/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat masa bakti 2018-2023. Ia juga aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan dan pelestarian lingkungan.

Komarudin Watubun adalah politikus Indonesia yang menjabat sebagai Anggota DPR-RI selama dua periode (2014–2019, dan 2019–2024). Ia mewakili daerah pemilihan Papua. Komarudin merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ia duduk di Komisi II. Ia juga menjabat sebagai Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP.

Munas XI Gerakan Pramuka dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, di Balai Meuseuraya Aceh (BMA), Sabtu (2/12/2023).

Dalam sambutannya Dito mengatakan Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang berperan penting dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia.

“Gerakan Pramuka harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Saya berharap munas ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berkompeten untuk membawa Gerakan Pramuka ke arah yang lebih baik,” kata Menpora.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Aceh, Muzakir Manaf, mengatakan Aceh sebagai tuan rumah sangat bangga dapat menyelenggarakan munas yang diikuti oleh 34 provinsi.

Ia juga berharap calon yang terpilih memiliki kualitas dan kapabilitas serta kredibilitas untuk memimpin Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2023-2028.

“Kami berharap calon yang terpilih dapat membawa Gerakan Pramuka menjadi lebih maju, modern, dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kami juga berharap Gerakan Pramuka dapat terus berkontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya Aceh,” ucap Muzakkir yang akrab disapa mualem.

Ketua Seksi Informasi Munas Gerakan Pramuka XI R Ryan Abdilla mengatakan hasil pemilihan ketua Kwarnas Gerakan Pramuka akan diumumkan pada akhir munas pada 4 Desember 2023.

“Sistem pemilihan suara ada 34 kwartir daerah dari 34 provinsi masing-masing satu provinsi satu suara dan satu suara dari kwartir nasional,” tuturnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments