Beranda Wisata & Travel Haus Wisata, Ladang Padi Jadi Tempat Selfie Ribuan Warga

Haus Wisata, Ladang Padi Jadi Tempat Selfie Ribuan Warga

BERBAGI

Medan — Hamparan sawah atau ladang padi di kawasan Martubung, Deliserdang, Sumatera Utara, menjadi salah satu objek wisata baru yang banyak dikunjungi warga sekitar. Haus pada objek wisata yang murah meriah, menjadi salah satu alasan tempat ini ramai sebagai objek selfie.

Lokasinya bernama Wisata Sawah Pematang Johar lokasi tepat di sekitar Jalan Johar Raya Jl. Dusun VI, Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Melalui google map, tempat ini mudah ditemui berada di kawasan Jalan Rawe VII Martubung, Medan. Namun berbatasan antara Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Cukup ketik Wisata Sawah Pematang Johar di mesin pencari Google maka akan muncul petunjuk arah menuju ke lokasi ini.

Pada Minggu (29/12/2019), waspadaaceh.com berkesempatan mengunjungi lokasi tersebut. Jika dari Martubung menuju lokasi dapat ditempuh hanya 10 menit. Sedangkan dari pintu keluar Gerbang Tol Mabar, dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit.

 

Di lokasi, terlihat ratusan sepeda motor sudah penuh dan padat terparkir di depan rumah warga tepat yang berada di depan lokasi wisata. Halaman rumah warga di sana mendadak jadi tempat parkir termasuk parkir mobil. Suasana lalulintas menjadi padat dan macet karena banyak kendaraan berlalu lalang.

Masuk ke dalam lokasi objek wisata itu juga padat. Antrian pengunjung terlihat mengular. Di sana, pengunjung dipungut retribusi Rp5.000 per orang dan mendapat aneka softdrink gratis bebas memilih. Semua pengunjung dihitung, baik anak-anak mau pun orang dewasa.

Terlihat jelas di depan gerbang terdapat plank besar bertuliskan Wisata Sawah Pematang Johar. Terlihat hamparan sawah padi puluhan hektare yang asri dan hijau dengan tiupan angin nan segar masih terasa di sana.

Sejak dari pintu masuk, jalanan cone block dan di masing-masing sisi kiri kanan sudah terpacak bambu dengan hiasan topi rotan petani serta aneka hiasan menggantung. Hingga tangga naik untuk berkeliling di atas sawah melalui jalanan dan jembatan bambu warna warni.

Di sisi kanan terlihat banyak gajebo dan pondok yang bisa menjadi tempat berteduh bagi pengunjung. Aneka jajanan tradisional juga berjejer di area jalan cone block. Ada pula saluran irigasi sawah yang cukup besar berbentuk danau mini dengan penyewaan sepeda air berbentuk bebek dan burung.

Jika tidak segan jorok, warga juga bisa turun ke sawah padi secara langsung, jika belum puas untuk berphoto lebih dekat dengan tanaman padi nan hijau asri. Banyak pengunjung yang membawa serta keluarga ke lokasi tersebut. Karena lokasinya yang asri dan sejuk.

Objek wisata ini menjadi salah satu yang populer saat ini di Kota Medan dan sekitarnya. Apalagi, banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai spot photo selfie bersama keluarga untuk diupload ke media sosial, membuat tempat itu semakin dikenal.

Mungkin ini bisa menjadi pilihan warga untuk berwisata hemat tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Karena di sana, mata akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah nan hijau dan sejuk di tengah hiruk pikuk perkotaan dan aktifitas sehari-hari.

Satu hal lagi, wisata ini tidak hanya menawarkan keasrian hamparan sawah, tapi juga bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak, untuk mengenal alam khususnya tanaman padi. (sulaiman achmad)

BERBAGI