Jumat, April 19, 2024
Google search engine
BerandaHari ini Warga Muhammadiyah Banda Aceh Gelar Shalat Idul Fitri di Unmuha

Hari ini Warga Muhammadiyah Banda Aceh Gelar Shalat Idul Fitri di Unmuha

Banda Aceh (Wapada Aceh) – Gema takbir tahmid dan tahlil berkumandang. Pagi ini ribuan jemaah melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 H di Halaman Parkir Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh, Batoh, Banda Aceh, Jumat (21/4/2023).

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah pada 21 April 2023. Sementara pemerintah menetapkan pada Sabtu 22 April 2023.

Pantauan Waspadaaeh.com di lokasi, ribuan masyarakat sejak pagi hari memadati halaman kampus Universitas Muhammadiyah Aceh untuk melaksanakan salat Id. Orang tua hingga anak-anak turut memperlihatkan antusiasme memadati kawasan tersebut.

Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Dr. H. Aslam Nur langsung bertindak sebagai khatib. Sementara Ustaz T. Muammar Tillah menjadi imam. Salat Id di halaman kampus Muhammadiyah Aceh di mulai pukul 07.30 WIB.

Dalam khutbah yang disampaikan Dr. H. Aslam bahwa ada tiga makna Hari Raya Idul Fitri yakni pertama merayakan kemenangan setelah berjuang menahan nafsu, berjihad kepada Allah selama bulan Ramadhan. Kedua, dalam kontek budaya, Idul Fitri dimaknai sebagai ajang dalam mempererat silaturrahim, dan ketiga Idul Fitri satu moment melangkah kedepan dari Syawal hingga di Bulan Sya’ban.

“Alhamdulilah kita sudah sampai pada di hari kemenangan setelah melawan hawa nafsu selama Bulan Ramadhan sebagai bulan magfirah atau bulan penuh ampunan. Maka Hari Raya Idul Fitri ini mari jadikan sebagai momentum meningkatkan ketakwaan kita,” tutur Aslam

Setelah khutbah sekitar pukul 08.10 WIB, warga pulang ke rumah masing-masing. Namun sebagian warga memilih tetap berada di masjid, untuk berkumpul bersama rekannya berfoto bersama dan bersilaturahmi.

Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri selain di halaman Kampus Unmuha Aceh, juga dilaksanakan di Masjid Taqwa Muhammadiyah Desa Sukaramai, Kecamatan Baiturahman dan Masjid Taqwa Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER