Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaGempa Magnitudo 7,2 Guncang Nias Barat

Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Nias Barat

Medan (Waspada Aceh) – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang kawasan Nias Barat, Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021), sekitar pukul 13:33 WIB.

Mengutip situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada kordinat 0.10 LU-96.53 BT (141 km BaratDaya NIASBARAT-SUMUT), dengan kedalaman gempa 19 Km.

Gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Hingga saat ini belum ada penjelasan tentang kerusakan dan korban akibat gempa tersebut. Namun guncangan gempa juga dirasakan hingga Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pemutakhiran

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan M=7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,7. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi: Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang berada di zona outer-rise. Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun ( normal fault ). (Sulaiman Achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER