Sabtu, Juli 13, 2024
Google search engine
BerandaAcehFJPI Aceh Goes to School, Tingkatkan Keterampilan Jurnalistik Pelajar

FJPI Aceh Goes to School, Tingkatkan Keterampilan Jurnalistik Pelajar

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sebanyak 50 pelajar dari SMA/MA di Kota Banda Aceh menjalani pelatihan melalui program FJPI Aceh Goes to School yang diselenggarakan oleh Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Aceh.

Pelatihan yang diadakan di Aula SMA Negeri 1 pada Selasa (11/6/2024) ini mengangkat topik dasar-dasar jurnalistik dan literasi digital.

Ketua panitia, Nurul Ali, berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengolah berita sesuai ilmu jurnalistik. “Melalui kegiatan ini, semoga para calon jurnalis muda dapat berpikir kritis dan menghasilkan karya jurnalistik yang akurat serta aktual secara digital,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1, Nilawati, mengapresiasi inisiatif FJPI dalam mengedukasi siswa terkait jurnalistik. “Saya berharap kegiatan ini mampu melahirkan calon jurnalis terbaik di masa mendatang,” kata Nilawati.

Dalam pelatihan ini, awalnya siswa dibekali pemahaman tentang investasi di pasar modal oleh Senior Officer Bursa Efek Indonesia Provinsi Aceh, Mayank Seruni. Materi yang disampaikan kemudian akan dikemas menjadi tulisan oleh para siswa.

Selain itu, akademisi dan praktisi media Indah Rastika Sari serta praktisi jurnalistik Azmi Thursina juga memberikan paparan. Indah Rastika Sari membahas literasi digital dan tips membuat konten media sosial sekolah. “Literasi digital adalah keterampilan penting agar calon jurnalis muda bisa memanfaatkan teknologi informasi secara bijak,” jelasnya.

Azmi Thursina menambahkan bahwa menghasilkan konten jurnalistik membutuhkan latihan terus-menerus. “Menulis ala jurnalis itu mudah, cukup menulis apa yang terlintas di kepala dengan kalimat jernih dan komunikatif,” ujarnya.

Setelah sesi materi, siswa mempraktikkan menulis konten, membuat karya jurnalistik sesuai tema yang diminta, serta melakukan reportase oleh perwakilan masing-masing sekolah.

Ketua FJPI Aceh, Saniah LS, juga berharap para peserta dapat mempraktikkan ilmu yang didapat di media sekolah masing-masing. “Pelatihan ini akan dilanjutkan dengan diskusi dan pembinaan melalui grup WhatsApp,” jelas Saniah.

FJPI Aceh saat ini sudah memiliki satu sekolah binaan, SMAN 1 Banda Aceh, sebagai konsultan JP Magazine, dan berharap ada lebih banyak sekolah binaan setelah pelatihan ini. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER