Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaDesi Fitriani: Pemilih Perempuan di Aceh 1,7 Juta, Tapi Tak Satupun Duduk...

Desi Fitriani: Pemilih Perempuan di Aceh 1,7 Juta, Tapi Tak Satupun Duduk di DPR-RI

Aceh Tenggara (Waspada Aceh) – Keterwakilan perempuan di DPRK, DPR provinsi dan DPR-RI masih minim, bahkan tidak ada anggota DPR RI perempuan dari Aceh dalam 10 tahun terakhir. Padahal Aceh memiliki pemilih perempuan sekitar 1,7 juta jiwa, sedangkan pemilih laki-laki sekitar 1,6 juta jiwa.

Hal itu diungkapkan calon anggota DPR-RI, Desi Fitriani, S.Sos saat melakukan sosialisasi pengenalan surat suara dan tata cara pencoblosan pemilihan umum tahun ini di Desa Lawe Kihing, Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, Sabtu (26/01/2019).

“Perempuan di Aceh sangat minim menjadi wakil rakyat. Di DPRA cuma lima persen perempuan dan selebihnya laki-laki. Apalagi DPR RI tidak ada seorang pun yang menjadi wakil rakyat dari perempuan, padahal pemilih perempuan lebih banyak di Aceh,” kata Desi.

Dari hasil pileg 2014 di Aceh, dari sekitar 650 kursi DPR Kabupaten, keterwakilan perempuan hanya sekitar 57 orang, begitu juga dengan keterwakilan di tingkat provinsi dari 81 kursi hanya ada 12 anggota DPRA perempuan di Aceh.

Seperti biasa, Desi memberi sosialisasi kepada masyarakat tentang tata cara pencoblosan dan lima warna surat suara dalam pemilihan umum tahun ini. Juga memperkenalkan tentang profil dirinya yang sejak menjadi seorang jurnalis konflik hingga mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI.

“Kalau tidak ada perempuan dari Aceh di DPR RI, bagaimana akan menyuarakan suara perempuan di tingkat pusat. Jadi kalau bisa pilih perempuan menjadi wakil rakyat di DPRK, DPRA, dan DPR RI,” ungkap Desi.

Lebih lanjut Desi menyebutkan, masyarakat bebas menggunakan hak pilihnya. Pilih siapa yang ingin dijadikan wakilnya, namun yang penting ada keterwakilan perempuan .

“Karena wilayah dapil satu luas, dengan 15 kabupaten, tidak semua caleg DPR RI perempuan mau masuk ke kampung-kampung,” kata Desi.

Seorang warga, Nurjanah, mengharapkan agar Desi bisa menang dalam pemilu tahun ini. Dia bersimpati kepada Desi karena telah berani dan mau turun ke kampung-kampung berjumpa dengan masyarakat. Ketimbang hanya memasang baliho besar di jalanan.

“Doa kami ibu pasti menang. Insyaallah kami akan memilih ibu. Ibu jangan lupa sama kami, jarang calon DPR RI untuk bertemu dengan kami seperti ini,” ucapnya. (Ria)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER