Beranda Nasional BPOM: Relawan Vaksin Nusantara Alami Nyeri Otot dan Gatal

BPOM: Relawan Vaksin Nusantara Alami Nyeri Otot dan Gatal

BERBAGI
Kepala BPOM Penny K. Lukito. (Foto/pom.go.id)

Jakarta – Sebanyak 28 orang relawan vaksin Nusantara dilaporkan mengalami nyeri lokal, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri kepala, penebalan, kemerahan, gatal, petechiae, lemas, mual, demam, batuk, pilek dan gatal-gatal.

“Seluruh subjek mengalami KTD pada kelompok vaksin dengan kadar adjuvant 500 mikogram dan lebih banyak dibandingkan pada kelompok vaksin dengan kadar adjuvant 250 mikogram dan tanpa adjuvant,” kata Kepala BPOM Penny K. Lukito melalui siaran persnya sebagaimana dikutip dariĀ CNNIndonesia.com, Rabu (14/4/2021).

BPOM menemukan seluruh subjek penelitian vaksin Nusantara mengalami Kejadian yang Tidak Diinginkan (KTD). Vaksin yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto itu mulai diuji kepada para relawan.

Salah seorang relawan untuk penelitian vaksin Nusantara, tercatat adalah mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo. Dia telah menjalani pengambilan sampel darah di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada Rabu (14/4/2021). (**)

BERBAGI