Kamis, Juli 25, 2024
Google search engine
BerandaBMKG Prediksi Angin Kencang Landa Aceh 3 Hari ke Depan

BMKG Prediksi Angin Kencang Landa Aceh 3 Hari ke Depan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, memprediksi tiga hari ke depan wilayah Aceh berpotensi terjadi angin kencang.

Forecaster BMKG Aceh, Stya Juangga Dirta kepada Waspadaaceh.com, Kamis (20/7/2023) mengatakan, berdasarkan analisis dan prakiraan terkini memang dalam beberapa hari ini terdapat potensi angin kencang.

Hal ini, disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Pulau Sumatera termauk Aceh dengan wilayah/perairan sebelah utara Pulau Sumatera. Sehingga perbedaan tekanan yang signifikan ini menyebabkan masa udara bergerak dari selatan-barat Pulau Sumatera menuju utara Sumatera.

“Berdsarkan data prakiraan tersebut, wilayah Sumatera dengan tekanan berkisar 1015-1017 hPa, sementara wilayah utara Sumatera cenderung lebih rendah. Serta hal ini diperkuat dengan adanya dua pusat tekanan rendah di wilayah asia utara Pulau Sumatera,” jelasnya.

Kecepatan angin permukaan wilayah Aceh, kata Angga, dapat mencapai 35 knots atau setara dengan 65km/jam. Kecepatan angin 35 knots sudah masuk dalam kategori tinggi.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati jika beraktifitas diluar ruangan. Khsusnya kepada nelayan, pihaknya mengimbau agar waspada gelombang tinggi, mengingat angin kencang sangat mempengaruhi terhadap ketinggian gelombang laut.

“Hal ini juga patut menjadi perhatian bagi aktivitas perairan lainnya termasuk penyeberangan dan pelayaran,” sebutnya.

Lebih lanjut, kata Angga, berdasarkan data yang dikeluarkan tadi pagi terdapat beberapa wilayah perairan dengan kategori gelombang tinggi dan sangat tinggi.

Sementara, pihaknya juga merilis, potensi hujan cenderung merata di wilayah Aceh, namun terdapat beberapa wilayah dengan potensi lebih tinggi, seperti pada Kamis (20/7/2023) Simeulue, Nagan Raya, Aceh Jaya, Subulussalam, Pidie, Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Aceh Utara.

Selanjutnya, Jumat, (21/7/2023) Aceh Tenggara, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Subulussalam, Pidie, Aceh Selatan. Sedangkan pada Sabtu (22/7/2023) Aceh Tenggara, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Timur, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil dan Aceh Jaya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER