Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaBMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat di Aceh

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat di Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat di beberapa wilayah Aceh

Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas l Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar Zakaria Ahmad kepada waspadaaceh.com di Banda Aceh, , Jumat (13/8/2021), menyampaikan potensi hujan kategori tiga di beberapa wilayah Aceh.

Zakaria mengatakan penyebab terjadinya hujan suplai uap air dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat signifikan serta terjadi belokan angin dan konvergensi.

Oleh karena itu masih terjadi potensi pertumbuhan awan hujan di Aceh, yang menyebabkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada kategori tiga hingga dua hari ke depan.

Adapun untuk daerah yang berpotensi hujan kategori tiga meliputi, Kabupaten Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Pidie, Nagan Raya, Aceh Barat, Pidie Jaya, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Terjadi hujan dengan intensitas tinggi atau kategori tiga, maka BMKG meminta masyarakat agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi, kata dia.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, berhati-hati jika beraktivitas diluar rumah, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan,” kata Zakaria, (Kia Rukiah)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER