Kamis, Juli 25, 2024
Google search engine
BerandaBMKG Keluarkan Peringatan: Berikut Daerah Berpotensi Hujan Lebat 

BMKG Keluarkan Peringatan: Berikut Daerah Berpotensi Hujan Lebat 

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Aceh mengeluarkan peringatan dini cuaca selama 3 hari ke depan. Beberapa wilayah di Aceh berpotensi terjadi hujan lebat.

Beberapa daerah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Jumat (21/10/2022), meliputi Kabupaten Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Simeulue, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Bireuen dan Aceh Utara.

Sementara hari Sabtu (22/10/2022), wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat mencakup Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Besar, Sabang, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tamiang, Langsa, Bener Meriah, Aceh Utara, Lhokseumawe serta Aceh Timur.

Sedangkan Minggu (23/10/2022), BMKG juga memprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat pada wilayah Kabupaten Nagan Raya, Simeulue, Aceh Singkil, Gayo Lues, Aceh Jaya Aceh Tamiang, Aceh Besar, Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Sabang, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya serta Aceh Barat.

Karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor serta angin kencang yang disebabkan oleh hujan lebat atau hujan dengan durasi lama.

Laporan sebelumnya, BMKG juga sudah menyurati Pj Gubernur Aceh terkait siaga dan mitigasi bencana banjir serta longsor di Provinsi Aceh selama 15 – 25 Oktober 2022 .

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Nasrol Adil telah menyurati Gubernur Aceh, tertanggal 14 Oktober 2022, perihal Info Siaga Bencana Hidrometeotologi Provinsi Aceh tertuang dalam surat Nomor: ME.02.04/ /KBTJ/X/2022 .

Nasrol Adil mengatakan, peringatan ini dikeluarkan karena terdapat daerah konvergensi dan belokan angin di sekitar wilayah Aceh.

Melaui surat tersebut pihaknya menyampaikan Infomasi Siaga Bencana Hidrometeorologi, berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana banjir dan longsor.

“Kami sampaikan informasi siaga bencana hidrometeotologi berupa potensi hujan dengan intesitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berlaku mulai tanggal 15 hingga 25 Oktober 2022,” tulis Nasrol Adil dalam surat resminya kepada Gubernur Aceh.

Pihaknya mengimbau agar surat tersebut dapat menjadi perhatian untuk kesiapsiagaan  bersama atas adanya ancaman banjir dan tanah longsor. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER