Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaBesok Irjen Achmad Kartiko akan Jabat Kapolda Aceh Gantikan Irjen Pol Ahmad...

Besok Irjen Achmad Kartiko akan Jabat Kapolda Aceh Gantikan Irjen Pol Ahmad Haydar

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Irjen Pol. Achmad Kartiko akan menjabat sebagai Kapolda Aceh menggantikan Irjen Pol. Ahmad Haydar yang memasuki masa purna bakti.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto mengatakan, rangkaian kegiatan sertijab Kapolda Aceh akan dilaksanakan di Mapolda Aceh, Selasa (3/10/2023).

Kegiatan tersebut meliputi penyambutan kedatangan Kapolda Aceh di Bandara SIM, Blang Bintang, Aceh Besar, penyambutan di Mapolda Aceh, upacara farewell dan serah terima Pataka Polda Aceh, sertijab Ketua PD. Bhayangkari Aceh, sertijab Ibu Asuh Polwan dan lepas sambut Kapolda Aceh.

“Untuk serah terima di Polda Aceh akan dilaksanakan pada Selasa, 3 Oktober 2023. Seluruh rangkaian kegiatan sudah disiapkan dan digladikan. Doakan saja semua berjalan lancar,” kata Joko, Minggu (1/10/2023).

Joko menjelaskan, serah terima jabatan Kapolda Aceh dari Irjen Ahmad Haydar kepada Irjen Achmad Kartiko akan diwarnai upacara tradisi penyerahan pataka dan farewell parade.

Farewell parade adalah upacara tradisi menyambut pimpinan baru dan melepas pimpinan lama yang diikuti dengan penyerahan pataka dan diakhiri dengan prosesi pedang pora. Farewell parade juga bisa dimaknai dengan pergantian tongkat komando.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Irjen Achmad Kartiko yang sebelumnya merupakan perwira tinggi atau Pati Baintelkam Polri penugasan pada BP2MI kemudian Irjen Pol. Achmad Kartiko ditunjuk Kapolri menjadi Kapolda Aceh yang baru berdasarkan Surat Telegram Nomor : ST/2164/IX/KEP/2023 tanggal 26 September 2023, seusai sertijab di Mabes Polri.

Sementara Wakapolda Aceh yang sebelumnya dijabat Brigjen Syamsul Bahri akan diisi Kombes Armia Fahmi, yang sebelumnya menjabat Irwasda Polda Sumut. Brigjen Syamsul Bahri sendiri sudah purna tugas pada 1 September lalu. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments