Rabu, Juli 24, 2024
Google search engine
BerandaBerhasil Tangani PMK, Distannak Nagan Raya Raih Penghargaan Pj Gubernur Aceh

Berhasil Tangani PMK, Distannak Nagan Raya Raih Penghargaan Pj Gubernur Aceh

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Distannak Kabupaten Nagan Raya sukses meraih penghargaan dari Pj Gubernur Aceh, Ahmad Marzuki, atas keberhasilan daerah itu melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak dengan predikat terbaik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pj Gubernur Aceh diwakili Sekda Aceh, Taqwallah, didampingi Kadis Peternakan Aceh, Zalsufran, Jumat (19/8/2022) di Aula Kantor Gubernur Aceh.

Plt Kadistannak Kabupaten Nagan Raya, Minggu (21/8/2022) melalui Kabid Nakeswan Safridhal menjelaskan, penghargaan yang diraih tersebut merupakan salah satu keberhasilan dalam vaksinasi PMK di wilayah itu.

Keberhasilan itu, katanya, merupakan hasil kerja keras serta kerja sama Satgas PMK bersama masyarakat, dalam menekan angka peningkatan penyakit ternak tersebut.

Berdasarkan data diperoleh pihaknya, kasus PMK di Kabupaten Nagan Raya mencapai 1.865 ekor. Namun setelah dilakukan penanganan di lapangan, ternak yang terjangkit PMK dapat disembuhkan sebanyak 1.841 ekor.

Saat ini, kata Safridhal, yang masih dalam pantauan tim Satgas PMK sebanyak 24 ekor, sedangkan yang mati hanya tiga ekor.

Hasil yang dicapai itu tidak lepas dari peran penting Dinas Peternakan Ace dalam membantu 1.000 dosis vaksinasi PMK untuk Kabupaten Nagan Raya.

Saat penyerahan dosis itu, Kabid Keswan dan Veteriner Aceh, Ruhaty, menyerahkan dosis berupa Terumo Syringe 5 Ml, Terumo Needle 186 x 1 1/2 serta masker.

Dengan bantuan dosis itu, Distannak Kabupaten Nagan Raya berhasil menyembuhkan ribuan ekor ternak yang terjangkit PMK, sehingga Pj Gubernur Aceh menyerahkan penghargaan atas keberhasilan penanganan PMK tersebut.

Dinas Peternakan Aceh mengharapkan agar terus dilakukan pengawasan serta pemberian vitamin agar ternak yang masih terinfeksi PMK dapat disembuhkan, sebut Safridhal.

Pemerintah Aceh melalui dinas terkait, kata dia, selama ini sangat peduli terhadap PMK di Kabupaten Nagan Raya.(zul nagan).

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER