Selasa, April 16, 2024
Google search engine
BerandaInternasionalBasarnas Kembali Temukan Jasad Rohingya di Perairan di Aceh Jaya

Basarnas Kembali Temukan Jasad Rohingya di Perairan di Aceh Jaya

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh kembali menemukan jasad tanpa identitas di perairan Calang, Kabupaten Aceh Jaya, Minggu (24/3/2024).

Jasad laki-laki yang diperkirakan berusia 35 tahun ini diduga  imigran Rohingya yang kapalnya terbalik di perairan Aceh Barat beberapa hari yang lalu.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain, mengungkapkan bahwa informasi ini bermula dari laporan nelayan yang melihat jasad tersebut terapung sekitar pukul 12.15 WIB.

” Tim SAR gabungan yang tiba di lokasi  langsung mengevakuasi korban ke RSUD Teuku Umar Calang,” tuturnya, Senin (25/3/2024).

Al Hussain menambahkan, dengan penemuan  ini, jumlah jasad yang diduga Rohingya dan telah ditemukan mencapai empat orang.

Sebelumnya, pada Rabu (20/3), sebuah kapal yang membawa pengungsi Rohingya terbalik di perairan Aceh Barat. Tim SAR  mengevakuasi  sebanyak 69 pengungsi rohingya ke daratan.

Menurut Al Hussain, dari jumlah tersebut, terdapat 42 laki-laki, 18 perempuan, dan 9 anak-anak, yang kemudian diserahkan kepada pihak imigrasi dan pemerintah daerah untuk penanganan lebih lanjut

Sebelumnya perwakilan dari Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) untuk wilayah Aceh, Faisal Rahman, mengatakan jumlah pengungsi Rohingya kapal itu sebanyak 142 orang, sisanya masih belum ditemukan.  (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER