Rabu, Juli 17, 2024
Google search engine
BerandaBanjir Kembali Terjang 4 Kecamatan di Aceh Utara 

Banjir Kembali Terjang 4 Kecamatan di Aceh Utara 

Aceh Utara (Waspada Aceh) – Sebanyak empat kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara kembali diterjang banjir akibat meluapnya Krueng Jambo Aye, Krueng Arakundo, Krueng Keureuto dan Krueng Pase, Senin (7/11/2022).

Empat kecamatan terendam banjir yaitu, Kecamatan Langkahan, Matangkuli, Tanah Luas dan Samudera. Ketinggian air di pemukiman penduduk berkisar antara 50 Cm hingga 100 Cm lebih.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Asnawi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Mulyadi menyebutkan, banjir yang melanda empat kecamatan ini setelah hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Utara dan sekitarnya sejak dua hari terakhir.

“Dari empat kecamatan kondisi terparah di Kecamatan Langkahan terdapat 154 kepala keluarga (KK) atau 706 jiwa di dua desa yang mengungsi. Yaitu Gampong Buket Linteung ada 93 KK atau 382 jiwa dan Gampong Leubok Pusaka 61 KK atau 324 jiwa, karena air di pemukiman berkisar antara 30 Cm hingga 1 meter lebih,“ kata Mulyadi.

Lanjut Mulyadi, untuk tiga kecamatan lain yaitu Matangkuli ada 15 desa yang terendam, kemudian Kecamatan Tanah Luas terdapat 4 desa dan Kecamatan Samudera sebanyak 3 desa. Namun sejauh ini belum ada laporan yang mengungsi atau membuat posko pengungsian.

“Kami selalu melakukan koordinasi dengan Muspika dan perangkat gampong setempat. Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) untuk tetap siaga karena diprediksi cuaca ekstrem disertai hujan akan terus terjadi,” imbaunya. (*).

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER