Banjir dan Longsor Terjang Aceh Selatan

    BERBAGI

    Tapaktuan (Waspada Aceh) – Hujan lebat kembali menguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (1/9/2022), mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Sejumlah rumah terendam banjir dan terseret longsor.

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, H. Zainal, mengatakan, bencana banjir menerjang tiga kecamatan masing-masing Samadua, Tapaktuan, Pasie Raja dan Kluet Tengah.

    “Banjir terjadi akibat meluapnya air sungai karena curah hujan tinggi di Aceh Selatan dari pagi hingga siang hari ini. Ketinggian air mencapai 75 cm hingga 120 cm,” katanya.

    Banjir menerjang wilayah Aceh Selatan.(Foto/Ist)

    Akibatnya, selain rumah terendam banjir, 1 unit rumah warga di Kecamatan Samadua ambruk karena abrasi. Selain itu 1 unit rumah warga Gampong Hilir, Kecamatan Tapaktuan, ikut tertimbun longsor.

    “Lonsor juga menutupi badan jalan di Gunung Kerambil, tetapi sekarang sudah bisa dilewati oleh pengguna jalan setalah dilakukan pembersihan oleh BPBD,” jelasnya.

    Sementara ini material longsor belum bisa dibersihkan dengan alat berat karena cuaca masih hujan deras. Hal ini menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.(Faisal)

    BERBAGI