Minggu, Mei 19, 2024
Google search engine
BerandaKabar TaniAbdya Surplus Beras 42 Ribu Ton

Abdya Surplus Beras 42 Ribu Ton

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil membangun sektor pertaniannya sehingga mampu surplus beras sebanyak 42 ribu ton pada tahun 2022 ini.

Pj Bupati Abdya Darmansyah, di Banda Aceh, Sabtu (12/11/2022) mengatakan, hasil panen tersebut diperoleh dari luas area sawah sekitar delapan ribu hektare. Dengan pola dua kali panen dalam satu tahun.

“Delapan ribu hektare khusus lokasi untuk tanam padi. Sedangkan surplus beras 42 ribu ton,” sebutnya saat berbincang dengan wartawan.

Darmansyah yakin, produksi beras ini dapat ditingkatkan. Apalagi dengan menerapkan pola tiga kali panen dalam satu tahun, didukung dengan dibangunnya irigasi.

“Ke depan kita harapkan tiga kali panen dalam satu tahun, apalagi dengan adanya perbaikan irigasi di sayap kanan dan kiri Susoh,” jelasnya.

Dia menyebutkan, jika dilihat dari ketersediaan lahan, secara umum Abdya sangat berpotensi ditanami padi. Termasuk di daerah Teluk Surin dan beberapa daerah lainnya. Potensi ini akan terus digenjot supaya hasil padi di Abdya terus meningkat.

Sebagai bentuk keseriusan dari pemerintah setempat, Pj Bupati Abdya ini selalu memanfaatkan setiap event. Seperti Rakornis di Jakarta sebagai ajang promosi bahwa Abdya dapat menghasilkan padi yang lebih banyak dan berkualitas.

“Baru-baru ini, Abdya menerima juara I Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kita diundang untuk mengikuti Rakornis di Jakarta. Dalam kesempatan itu kita memanfaatkan untuk bertemu dengan pihak-pihak yang ada di Jakarta dan kita sampaikan bahwa Abdya punya potensi sebagai penghasil padi,” ujarnnya.

Darmansyah juga mengatakan, pada bulan ini Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi, rencananya akan berkunjung ke Abdya untuk melakukan panen raya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER