Kamis, September 19, 2024
BerandaAcehJelang PON XXI Aceh-Sumut 2024, Jalan Negara di Pidie Masih Bertabur Lubang

Jelang PON XXI Aceh-Sumut 2024, Jalan Negara di Pidie Masih Bertabur Lubang

Sigli (Waspada Aceh) – Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh -Sumut XXI, September 2024, sepanjang jalan negara lintas Banda Aceh-Medan, kondisinya rusak dan berlubang.

Banyak lubang terlihat di sepanjang jalan negara tersebut, yang dapat membahanyakan pengedara, khususnya pengedara sepeda motor maupun mobil.

Seperti terpantau di Jalan Sigli-Beureunuen, Jalan Lingkar Simpang Aneuk Mulieng – Simpang Bidan Nurjanah, dan Jalan Perdagangan, Kota Sigli, Kabupaten Pidie.

Perawatan dan pembangunan jalan tersebut di bawah kewenangan Pemerintah Aceh dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Aceh. Kondisi ruas jalan dimaksut sekarang sangat memprihatinkan.

Pada satu sisi, Pmerintah Provinsi Aceh melalui pemerintah kabupaten/kota di Aceh menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut, namun pada sisi lain pemerintah dinilai mengabaikan perawatan dan pembangunan sarana jalan, yang akan menjadi rute rombongan tamu yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia ke Aceh.

Pantauan Waspada, lubang-lubang di jalan ukurannya ada yang besar dan kecil. Meski lubangnya kecil namun dalamnya mencapai 10 Cm, bila tidak ditutup sangat berbahanya bagi pengendara.

Usman, 35, salah seorang warga Kota Sigli mengatakan, dia sering melewati jalan tersebut dan sering sepeda motornya masuk dalam lubang.

“Jadi mohon tidak dibiarkan, nanti yang malu kami warga Pidie. Masyarakat umum tidak tahu kalau jalan tersebut kewenangan Pemerintah Aceh atau pemerintah pusat,” katanya.

Plt Sekda Pidie, Firman Maulana, ditemui Waspada, di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2024) menuturkan, Pemkab Pidie dan seluruh masyarakatnya sangat mendukung dan siap menyuksekan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut.

Kata dia, terkait akses layanan umum yang bukan kewenangan Pemkab Pidie, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional dan Pemprov Aceh. Menurut dia, apabila pihaknya menangani jalanan nasional dan jalan provinsi menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie, itu dapat melanggar aturan.

“ Tetapi Untuk mendukung terlaksana PON, kita berupaya secepatnya terselesaikan. Apakah pihak jalan akan tidak lanjut secepatnya sesuai kewenangan. Kita harapkan itu dilaksanakan secepatanya,” tandasnya. (b06)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER