Sabtu, Juli 13, 2024
Google search engine
BerandaAceh3 Wilayah di Aceh Rentan Kebakaran Lahan

3 Wilayah di Aceh Rentan Kebakaran Lahan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mencatat tiga daerah di wilayah Aceh rentan terbakar. Tiga daerah tersebut yaitu Aceh Besar, Sabang, dan Pidie.

Forecaster On Duty atau Prakirawan BMKG Sulthan Iskandar Muda, Stya Juangga Dirta kepada Waspadaaceh.com Selasa, (9/7/2024) mengatakan, kebakaran hutan dan lahan terhadap tiga daerah di atas akibat suhu ekstrem yang diperkirakan mencapai 35 derajat celsius.

“Tiga wilayah di atas merupakan daerah yang berpotensi suhu ekstrem serta menjadi daerah dengan kerentanan lahan mudah terbakar,“ kata Stya.

Selain tiga daerah di atas, jika dilihat dari data BMKG, Banda Aceh dan Aceh Jaya juga termasuk ke dalam daerah dengan lahan yang sangat mudah terbakar.

Karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) khususnya untuk wilayah Aceh Besar, Sabang, dan Pidie.

BMKG juga berharap agar masyarakat menghindari pembukaan lahan dengan cara membakar, tidak membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah tanpa pengawasan, serta aktivitas lainnya yang dapat menyebabkan Karhutla.

Sementara untuk kesehatan sendiri, BMKG mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik.

“Kurangi waktu di bawah paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 4 sore, “ sebutnya.

Jika diharuskan beraktivitas di luar ruangan, diimbau untuk memakai pelindung matahari seperti topi lebar dan kacamata hitam untuk menghindari sinar UV (ultraviolet). (Tsara Swissi)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER