Senin, April 15, 2024
Google search engine
Beranda2 Daerah di Aceh akan Alami Gerhana Matahari Total

2 Daerah di Aceh akan Alami Gerhana Matahari Total

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sebagian wilayah Kabupaten Singkil dan Simeulue, Provinsi Aceh, akan mengalami peristiwa gerhana matahari total. Menurut perhitungan akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019, pukul 10:00 WIB pagi hingga siang hari.

Kedua kabupaten di Aceh ini termasuk beberapa dari sekian provinsi yang akan menghadapi gerhana tersebut. Enam provinsi lainnya yakni Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimatan Utara, kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Aceh, Daud Pakeh, kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (19/11/2019).

Kata dia, peristiwa gerhana matahari nanti cukup menarik karena momennya bertepatan dengan peringatan bencana Gempa dan Tsunami di Aceh.

Pihaknya bersama sejumlah ahli astronomi di Tim Falakiyah Kemenag Aceh, juga tengah gencar menyosialisasikan peristiwa alam ini ke pelajar sekolah di Aceh. Sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan dari sedikitnya 50 SMA dan madrasah aliyah.

“Sosialisasinya mengenai proses terjadinya gerhana matahari dan anjuran menunaikan shalat gerhana,” kata Pakeh.

Sementara untuk pemantauan gerhana akan dipusatkan di Kota Sinabang, Simeulue. Nantinya, Kanwil Kemenag Aceh melalui Observatorium Pengamatan Tgk Chik Kuta Karang, bakal menyiapkan 10 unit teleskop untuk mengamati peristiwa tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya juga sudah menyiapkan kurang lebih 500 kacamata gerhana dengan filter ND5 (khusus untuk pengamatan matahari).

Dalam sosialisasi itu, Daud Pakeh juga mengimbau agar masyarakat tidak mengadakan kegiatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

“Tidak melakukan tindakan yang itikadnya tidak sesuai dengan ajaran agama kita. Melainkan perbanyak istighfar dan berdoa dan disunnahkan shalat gerhana,” pungkasnya. (Fuadi)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER