Beranda Suara DPRK Aceh Besar Zulfikar Azis: PRG untuk Pendataan Maksimal di Aceh Besar

Zulfikar Azis: PRG untuk Pendataan Maksimal di Aceh Besar

BERBAGI
Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Zulfikar Aziz, SE. (Foto/Ist)

Jantho (Waspada Aceh) – Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, menggagas program registrasi gampong (PRG) sebagai upaya terdatanya secara maksimal seluruh warga dan  permasalahannya.

Terkait dengan program Bupati Aceh Besar ini, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Zulfikar Aziz, mengatakan kepada media belum lama ini, dia mendukung program tersebut yang didanai melalui dana desa (DD).

Program yang digagas pemerintah Aceh Besar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), menurut Zulfikar Azis, sangat efektif untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Aceh Besar.

“Harapan kami pimpinan DPRK Aceh Besar agar seluruh gampong membentuk PRG demi mewujudkan pendataan yang maksimal kependudukan,” kata Wakil Ketua DPRK Aceh Besar itu.

Zulfikar menyebutkan, program itu dilaksanakan untuk akurasi data yang dimiliki tingkat gampong hingga kabupaten, mengingat secara geografis Aceh Besar memiliki kawasan sangat luas.

Selain itu juga untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi, serta data kependudukan, kelahiran, angka kematian, pengurusan (KK), katanya.

“Kita juga tidak mau seperti kasus sebelumnya, di mana masyarakat Aceh Besar tidak mendapat perhatian dan bantuan karena tidak terdata,” kata Zilfikar mengingatkan.

Zulfikar menyebutkan, program registrasi gampong menjadi momentum penggunaan dana desa yang lebih baik. Nantinya akan benar-benar dirasakan oleh masyarakat Aceh Besar.

Tapi politisi PKS ini juga berharap adanya dukungan dari  provinsi melalui Dinas Registrasi dan Kependudukan Aceh (DRKA) untuk memperkuat kapasitas PRG di Aceh Besar. (Ria)