Warga Aceh Bangga, Tari Saman Tampil di Pembukaan Asian Games

    BERBAGI
    Kostum warna keemasan sebagai kostum ajaib karena dengan sekejab kostum itu berubah warna kemerahan. Luar biasa, komentar netizen. (Foto/Ist)
    Kostum warna keemasan sebagai kostum ajaib karena dengan sekejab kostum itu berubah warna kemerahan. Luar biasa, komentar netizen. (Foto/Ist)

    Jakarta (Waspada Aceh) – Warga Aceh merasa bangga tari Saman asal Gayo mendapat tempat utama dalam open seremoni Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018).

    Para netizen khususnya warga Aceh memberi respon positif di media sosial. Apalagi aksi 4.000 pelajar yang terlibat dalam tarian saman dengan konstum yang apik dan unik membentuk tarian yang sangat kolosal dan spektakuler.

    “Tarian Saman Aceh di pembukaan Asean Games menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua masyarakat Aceh,” tulis Aulia Fajar di FB, sambil mengunggah video opening ceremony Asian Games.

    Dengan koreografer profesionan, penampilan tari Saman di pembukaan Asian Games, Sabtu malam (18/8/2018), begitu spektakuler dan mambuat bangga Indonesia di mata warga Asia. (Foto/Ist)
    Dengan koreografer profesionan, penampilan tari Saman di pembukaan Asian Games, Sabtu malam (18/8/2018), begitu spektakuler dan mambuat bangga Indonesia di mata warga Asia. (Foto/Ist)

    Tommy Suhendra dan Nurlis Meuko, jurnalis asal Aceh, juga tidak mampu menyembunyikan rasa takjub dan bangga terhadap tari ratoe jaroe dan tari saman mendapat tempat utama.

    “Luar biasa, di 17 Agustus di istana negara Presiden Jokowi mengenakan adat Aceh dan di open ceremony Asian Games tari Saman mendapat tempat utama,” komentar Nurlis yang mengunggah foto usai luputan pembukaan ajang Asian Games tersebut.

    Dalam open seremony seperti dikutip dari liputan6.com, diawali penampakan panggung yang dengan keindahan alam Indonesia, pegunungan, pepohonan hijau, air terjun, dan semburat cahaya biru, menunjukkan nusantara sebagai negeri maritim.

    Kemudian Presiden Joko Widodo muncul di GBK, dengan cara yang tak biasa. Diawali dengan video yang menampilkan perjalanan orang nomor satu itu dari Istana Bogor hingga ke Senayan, Jokowi muncul naik moge alias motor gede di tengah teriakan heboh para pengunjung.

    Belum reda kehebohan yang ditimbulkan Jokowi, muncul ribuan penari di tengah lapangan. Mereka menarikan tarian khas Aceh, Tari Saman diiringi lagu Bunga Jeumpa.

    Gerak rancak dan serempak para penari memukau para pengunjung dan tamu undangan,  yang menyaksikan detik-detik pembukaan Asian Games 2018.

    Para penari berada di bawah arahan koreografer senior, Denny Malik dan dibantu 50 asisten. Para penari berlatih intensif selama lima bulan.

    Panggung raksasa upacara pembukaan Asian Games 2018 akan meriah dengan 4.000 penari yang akan menampilkan berbagai tarian khas Indonesia. 2.400 Orang di antaranya adalah pelaja dari 18 sekolah di DKI Jakarta.

    Para pelajar berlatih setiap pulang sekolah, tiga kali seminggu dengan durasi latihan empat jam. Pihak sekolah pun memberikan kompensasi.

    Kostum Ajaib

    4.000 Penari dari 18 SMA se-DKI yang disorot dari atas terlihat memakai kostum warna keabuan dengan topi warna emas. Nyanyian tari Saman yang berjudul Assalamualaikum pas menyambut seluruh peserta dari berbagai negara yang akan berkompetisi di Indonesia.

    Saat sedang asyik menikmati tarian, dengan formasi yang terlihat indah dari atas, tiba-tiba beberapa penari sudah berganti baju menjadi orange. Membuat orang bertanya-tanya bagaimana secepat itu mengganti baju. Tapi begitulah penampilan menakjupkan para penari tersebut. (b01/*)

    BERBAGI