Sabtu, Juli 20, 2024
Google search engine
BerandaAcehWali Kota: Semarak Idul Adha Teguhkan Banda Aceh Sebagai Destinasi Wisata Islami

Wali Kota: Semarak Idul Adha Teguhkan Banda Aceh Sebagai Destinasi Wisata Islami

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pawai takbir memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Kota Banda Aceh, Sabtu (10/8/2019), diikuti ribuan orang.

Start dan finish di depan Masjid Raya Baiturrahman, para peserta pawai takbir dibagi dalam dua kategori; pejalan kaki dan kendaraan hias.

Para peserta pawai takbir jalan kaki merupakan perwakilan remaja masjid dan remaja mushala se-Banda Aceh. Sedangkan pawai mobil hias perwakilan instansi dan perwakilan kecamatan se-Banda Aceh.

Seremonial pelepasan pawai ditandai dengan pemukulan bedug oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diikuti oleh Wali Nanggroe Aceh Malek Mahmud, Ketua DPRA Sulaiman, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, serta sejumlah pejabat dan tokoh lainnya.

Ribuan warga Banda Aceh dan sekitarnya termasuk wisatawan lokal maupun mancanegara, terlihat tumpah ruah di pinggir jalan di sepanjang rute yang dilewati peserta pawai. Tak sedikit pula di antara mereka yang mengabadikan momen tersebut dengan gadget-nya masing-masing.

Di sela-sela berlangsungnya pawai, Wali Kota Aminullah mengatakan, suasana Idul Adha di Banda Aceh yang kental dengan beragam kegiatan keagamaan, sudah menjadi bagian hidup masyarakatnya.

“Ini juga sangat menarik minat wisatawan untuk datang,” katanya.

Semarak hari raya di Banda Aceh sudah dimulai dari hari meugang, pawai takbir malam, shalat Ied di Masjid Raya Baiturrahman dan di seluruh masjid kecamatan maupun gampong di Banda Aceh.

“Setelah itu baru dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban di pusat kota dan di gampong-gampong,” kata Aminullah.

“Semarak perayaan Idul Adha menjadi momentum untuk memperkuat atau meneguhkan Banda Aceh sebagai destinasi wisata Islami dunia.”

“Selain wisatawan dari luar kota, juga hadir tamu-tamu kita dari Singapura, Malaysia, bahkan Turki. Mereka juga akan melaksanakan prosesi qurban di Banda Aceh,” katanya.

Dinformasikan, pelaksanaan shalat Ied pada Minggu (11/8/2019) di Masjid Raya Baiturrahman, cukup ramai dan membludak. Ustadz kondang Masrul Aidi, menjadi khatib, sementara Tgk Jamhuri Ramli bertindak sebagai imam salat. (Ria)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER