Kamis, Juli 18, 2024
Google search engine
BerandaWagub Aceh Kunjungi Pengungsi Rohingya di Bireuen

Wagub Aceh Kunjungi Pengungsi Rohingya di Bireuen

Bireuen (WaspadaAceh) – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan Pemerintah Aceh tidak dalam posisi memberikan solusi terkait pengungsi Rohingya, namun tetap memberikan bantuan atas dasar kemanusiaan.

“Nasib pengungsi Rohingya yang mencari suaka ini menjadi tugas internasional yang dilakukan UNHCR, IOM dan pihak terkait lainnya,” kata Wagub Nova, yang turut didampingi Bupati Bireuen, Saifannur, saat meninjau pengungsi Rohingya di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen, Selasa (24/04/2018).

Wagub Nova mengatakan Pemerintah Aceh sudah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri, UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees), IOM (International Organization for Migration) dan lembaga lain yang menangani masalah pengungsi untuk mendapatkan kepastian terkait penanganan pengungsi Rohingya tersebut.

“Berdasarkan informasi dari salah satu anggota IOM tadi, tujuan mereka (Rohingya) bukan ke Indonesia, tapi ke Malaysia,” ujar Nova.

Menurutnya penanganan yang dilakukan Pemerintah Aceh hanya bersifat sementara sampai ada keputusan dari Pemerintah Pusat.

“Kita ikut kebijakan Pemerintah Pusat. Kita tangani mereka karena terdampar di Aceh. Mereka juga manusia sama seperti kita, apalagi mereka membutuhkan bantuan, jadi kita bantu,” ujar Nova lagi.

Wagub Nova juga menyebutkan Pemerintah Aceh tidak mengalokasikan dana khusus untuk penanganan pengungsi Rohingya. (B01)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER