Beranda Aceh UNBK SMA Sederajat di Aceh Tahun ini 100 Persen

UNBK SMA Sederajat di Aceh Tahun ini 100 Persen

BERBAGI
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, H.Laisani,M.Si. (Foto/detak-unsyiah.com)
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, H.Laisani,M.Si. (Foto/detak-unsyiah.com)

Banda Aceh (WaspadaAceh): Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA sederajat tahun 2018 sudah terlaksana 100 persen di Aceh.

“Tahun lalu, UNBK baru 70 persen, alhamdulillah tahun ini sudah bisa kita laksanakan 100 persen,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani,M.Si kepada Waspadaaceh.com, Senin (2/4/2018) malam.

Menurut Laisani, belum ditemukan kendala ujian dengan sistem UNBK. Hanya saja, kata dia, fasilitas penunjang seperti perangkat komputer harus disiasati. Misalnya, bagi sekolah yang belum ujian, komputernya dipakai oleh sekolah yang melaksanakan ujian lebih awal.

Sebab itu, jadwal ujiannya pun juga disesuaikan. Untuk sekolah menengah kejuruan dilaksanakan 2-5 Mei, sedang untuk SMA dan Madrasah Aliyah ujiannya tanggal 9 -12 Mei 2018.

“Nah, dengan pinjaman silang dari sekolah lain, maka masalah kekurangan perangkat komputer untuk mendukung sistem UNBK sudah bisa diatasi,” sebut mantan Kadisdik Kabupaten Pidie ini.

Terkait pelaksanaan ujian nasional SMA sederajat hari pertama, kata Laisani, berjalan lancar. Artinya, listrik PLN tetap menyala, hingga UNBK tidak terkendala.
Untuk pengawasan dilaksanakan secara silang dari sekolah lain.

Begitu pun, Kadisdik Aceh ini mengimbau peserta UNBK lebih fokus mempersiapkan ujian. Bagi orang tua diminta berpartisipasi secara aktif dan saling mendukung agar anaknya lebih mempersiapkan diri menghadapi ujian esok harinya.

“Antara anak, orang tua dan guru harus bersinergi untuk menghasilkan mutu ujian yang maksimal di Aceh,” demikian Kadisdik Aceh Drs. Laisani M.Si

Disebutkan, UNBK sederajat tahun ini berjumlah 74. 132 peserta. ( B01)

BERBAGI