Beranda Aceh Solusi Bangun Andalas Beri Beasiswa Bagi 400 Pelajar

Solusi Bangun Andalas Beri Beasiswa Bagi 400 Pelajar

BERBAGI
General Affair & Community Relation Manager SBA, Tafaul Rijal menyerahkan beasiswa Semen Andalas 2022 secara simbolis kepada perwakilan siswa tingkat SMA sederajat di Safety Hall, 21 Juni 2022. (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dalam mendukung sektor pendidikan di Aceh, PT Solusi Bangun Andalas (SBA) yang merupakan anak perusahaan dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk – bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, menunjukkan komitmennya dengan menyerahkan Beasiswa Semen Andalas 2022 kepada 400 pelajar. 

Penyerahan beasiswa itu berlangsung di Safety Hall SBA, Selasa (21/6/2022), dihadiri Plt. Kadisdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi, Sekretaris Dinas Sosial Aceh Besar, Aulia Rahman, Camat Lhoknga, Camat Leupung, tokoh masyarakat dan Komite Pemberdayaan Masyarakat CSR PT SBA serta perwakilan pelajar penerima beasiswa.

“Tahun ini jumlah peserta yang mendaftar di program meningkat hingga 60% dari tahun lalu yaitu sebanyak 1.095 orang. Program beasiswa ini sangat diminati para pelajar khususnya di Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung,” kata Mochamad Anwar Bakti, Caretaker General Manager SBA.

Dia menyebutkan, proses seleksinya sangat transparan dan secara berkelanjutan dapat membantu pelajar dalam memenuhi kebutuhan pendidikannya. Dia berharap para pelajar dapat menguasai teknologi yang terus berkembang saat ini, sehingga nantinya mampu bersaing di tingkat global dan membangun daerah asalnya agar lebih berkembang.

Program Beasiswa Semen Andalas, kata Mochamad Anwar Bakti, merupakan salah satu pilar prioritas yang dijalankan dalam CSR SBA, yaitu pilar SBA Cerdas. Selain beasiswa, dukungan lain juga diberikan dalam bentuk program pembinaan, pelatihan dan pendampingan.

Proses seleksi tahun ini, katanya, telah dimulai sejak bulan April 2022 dengan melibatkan lembaga pendidikan yang independen untuk menjaga kredibilitas dan independensi program ini. Beasiswa kali ini diberikan kepada 400 pelajar yang terdiri atas 125 siswa SMP atau sederajat, 125 siswa SMA atau sederajat, 100 mahasiswa, serta 50 santri Dayah Salafiyah, yang semuanya berasal dari Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar.

Sejak pertama digulirkan 10 tahun silam, lanjutnya, SBA telah memberikan beasiswa secara total kepada 4.100 pelajar dari berbagai tingkatan di Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

Plt. Kadisdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Solusi Bangun Andalas. Perusahaan ini menurutnya telah memberikan dukungan dalam bidang pendidikan di Kecamatan Lhoknga dan Leupung. Program beasiswa ini telah memberikan dampak positif terhadap penguatan kapasitas SDM yang ada di Lhoknga dan Leupung, Aceh Besar.

Raihan Amelia, salah seorang penerima beasiswa mengatakan, program beasiswa ini selalu dinantikan karena sangat membantu memenuhi kebutuhan pendidikan. Dia mengaku selalu bersemangat untuk mengikuti program beasiswa setiap tahun, sehingga memacunya untuk terus belajar dengan giat meningkatkan prestasi di perguruan tinggi.

“Saya mewakili para pelajar sangat berterima kasih atas dukungan dan perhatian yang terus diberikan oleh SBA dalam bidang pendidikan,” ungkap Raihan Amelia yang berasal dari Kecamatan Lhoknga. (Ria)