Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaSelama 2022 Jaksa Tuntut Hukuman Mati 40 Terdakwa Perkara Narkoba di Aceh

Selama 2022 Jaksa Tuntut Hukuman Mati 40 Terdakwa Perkara Narkoba di Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sejak Januari hingga Desember 2022 Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh menuntut 40 terdakwa dalam perkara pidana narkoba dengan tuntutan hukuman mati.

“Selama tahun 2022, sebanyak 40 terdakwa perkara narkotika dituntut hukuman mati. Saat ini para terdakwa masih melakukan upaya hukum,” kata Kajati Aceh, Bambang Bachtiar dalam konferensi pers Refleksi Akhir Tahun 2022 Kejati yang berlangsung di Aula Kejati Aceh, Kamis (21/12/2022).

Selain hukuman mati, Kejati juga menuntut sembilan pelaku tindak pidana narkotika dengan hukuman penjara seumur hidup. Di samping itu, jaksa juga menuntut 10 terpidana lainnya dengan hukuman penjara seumur hidup pada perkara orang dan harta benda, khususnya terkait tindak pidana pembunuhan berencana dan pencurian dengan kekerasan.

Pelaku tindak pidana tersebut, lanjut Bambang, dituntut penjara seumur hidup dan hukuman mati, berdasarkan permintaan dari para Kejaksaan Negeri (Kejari) yang telah meneruskan permohonan tuntutan untuk hukuman mati dan penjara seumur hidup kepada para pelaku tindak pidana. Tentunya telah memenuhi syarat dan ketentuan yang ada.

Bambang menambahkan, sepanjang 2022 tidak semua pelaku pidana yang dihukum mati orang Aceh. Namun ada beberapa yang berasal dari luar Aceh.

“Sebagian besar orang Aceh dan ada beberapa orang luar Aceh yang kebetulan ditangkap di Aceh,” jelasnya.

Dari jumlah keseluruhan hukuman mati, kata Bambang, tidak semua dituntut pada tahun ini namun ada juga tahun-tahun sebelumnya yang belum dieksekusi. Mengingat hukuman ini memiliki proses yang panjang, seperti banding, kasasi bahkan beberapa proses lainnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments