Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaAceh SelatanPemkab Aceh Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pemkab Aceh Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023.

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah memimpin upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2023, Kamis (1/6/2023) di Halaman Kantor Bupati Lama, Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dilaksanakan setiap tanggal 1 Juni, serta mengambil tema gotong Royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Adapun yang bertindak sebagai perwira upacara Pasi Pers Kodim 0107/Aceh Selatan Kapten Infanteri Amri Umari dan komandan upacara Letnan II Infantri Rafli Armazi yang juga Danramil 10/Labuhanhaji Barat.

Upacara juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Aceh Selatan, Sekretaris Daerah Aceh Selatan, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPK, Beserta jajaran pejabat eselon dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Aceh Selatan, pimpinan instansi vertikal, perusahaan, perbankan, serta organisasi, insan pers dan undangan lainnya.

Membacakan pidato Presiden Republik Indonesia, Letkol Arh Helmy Ariansyah SE, menegaskan Pancasila menyatukan keberagaman yang ada sekaligus menjadi pemandu kehidupan bangsa, agar senantiasa sesuai dengan cita-cita pendirian negara yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Sejalan dengan itu, pengamalan nilai-nilai pancasila merupakan wujud rasa cinta kepada tanah air, nilai-nilai tersebut dapat diamalkan dalam bentuk paling sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat dewasa ini, menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Nilai-nilai pancasila diharapkan dapat menjaga bangsa ini dari berbagai pengaruh buruk yang ada, ungkap Dandim.

Lanjutnya, bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia.

Namun perlu saya ingatkan pula bahwa angka stunting di Indonesia masih cukup tinggi, dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia, tutup Letkol Arh Helmy Ariansyah. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments