Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaInternasionalPelaut Indonesia di Afrika Selatan Nyoblos Duluan  Lewat Kotak Suara Keliling

Pelaut Indonesia di Afrika Selatan Nyoblos Duluan  Lewat Kotak Suara Keliling

Banda Aceh (Waspada Aceh)  – Sebanyak 36 pelaut Indonesia yang berada di pelabuhan waterfront Cape Town, Afrika Selatan, telah menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum 2024, Senin (4/2/2024).

Mereka memilih calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota DPR RI dapil luar negeri melalui mekanisme kotak suara keliling yang diselenggarakan oleh Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Cape Town.

Pencoblosan yang lebih awal dari Indonesia ini merupakan usulan PPLN Cape Town menyesuaikan dengan hari libur pelaut maupun keadaan setempat yang jadwal tersebut kemudian ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para pelaut Indonesia yang berada di Cape Town agar mereka dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi tanah air,” kata Konsul Jenderal RI Cape Town, Tudiono, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/2/2024).

Tudiono menjelaskan, panitia menaiki kapal-kapal tempat pelaut berada dengan membawa kotak suara serta perlengkapan pencoblosan lainnya.

Di kapal tersebut, panitia menggelar peralatan pemilu seperti bilik suara, kotak suara, tinta dan sebagainya kemudian melakukan prosesi pemungutan suara dengan pelaut mengisi daftar hadir terlebih dahulu.

“Prosesnya sama seperti di TPS, hanya saja lokasinya di kapal. Kami juga memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik,” ujar Tudiono.

Terhadap pelaut yang karena keadaan tertentu tidak dapat menyelenggarakan proses pencoblosan di kapalnya, panitia membawa pelaut tersebut ke Rumah Singgah Pelaut (Indonesian Seafarer Corner/ISC).

Panitia melakukan prosesi pencoblosan di gedung ISC tersebut yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan tempat kapal pelaut bersandar.

ISC merupakan tempat berkumpulnya para pelaut yang dibentuk oleh pemerintah sejak tahun 2018. ISC diperuntukan sebagai tempat silaturahmi, sosialisasi, pemberdayaan dan peningkatan skills para pelaut.

Hasil pencoblosan surat suara yang dilakukan pelaut pada hari itu akan dilakukan penghitungannya pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekapitulasi seluruh surat suara di Cape Town dan sekitarnya baik surat suara TPS, pos maupun kotak suara keliling akan dilakukan pada tanggal 15 Februari 2024.

Proses pelaksanaan pemungutan surat suara berjalan aman dan lancar. Para pelaut mengungkapkan kebahagiaannya karena dapat menggunakan hak suaranya walaupun berada di luar negeri dan dilakukan tepat sebelum mereka berlayar kembali ke laut lepas untuk bekerja.

Namun demikian masih terdapat puluhan pelaut yang baru tiba dari tanah air dan belum sempat mengurus surat pindah memilihnya.

Panitia menyampaikan bahwa sesuai ketentuan masih terdapat kesempatan bagi mereka untuk memilih jika masih berada di Cape Town pada tanggal 10 Februari 2024 dengan membawa surat pindah memilihnya dari dalam negeri ke Cape Town.

Hari tersebut merupakan saat pencoblosan surat suara melalui TPS yang dilakukan di KJRI Cape Town.

Pelaut yang sudah terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) dalam negeri diproses surat pindah memilihnya ke DPT luar negeri yaitu TPS 001 Cape Town sehingga datanya akan dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) Cape Town dan diberikan jadwal menyoblos dua jam sebelum TPS ditutup.

Walaupun sederhana, pemungutan suara oleh pelaut berlangsung hikmat dan tertib. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Cape Town juga turut serta menyaksikan seluruh prosesi pesta demokrasi yang dilaksanakan bagi pelaut Indonesia di pelabuhan Cape Town, bumi Nelson Mandela. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments