Rabu, Februari 21, 2024
Google search engine
BerandaMudik, Tiket Bus Banda Aceh-Medan Penuh, Harga Naik Hingga Rp50.000

Mudik, Tiket Bus Banda Aceh-Medan Penuh, Harga Naik Hingga Rp50.000

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Memasuki musim mudik Lebaran 2022, dengan waktu libur cuti bersama mulai 29 April 2022, tiket bus rute Banda Aceh-Medan penuh. Bahkan, akibat tingginya aktivitas mudik tahun ini, harga tiket bus pun mengalami kenaikan hingga mencapai Rp50.000.

Pantauan Waspadaaceh.com, Selasa (26/4/2022), di Terminal Batoh, Banda Aceh, terlihat peningkatan aktivitas perjalanan warga. Warga yang akan mudik keluar Kota Banda Aceh ini, sebagian besar juga menuju Kota Medan selain ke berbagai daerah lain di Provinsi Aceh.

Untuk tiket bus tujuan Medan, sejak beberapa hari kedepan hingga 30 April 2022 sebagian besar sudah penuh. Meskipun tersedia, harga tiket naik Rp30.000 hingga Rp50.000/orang. Tiket Patas VIP tujuan Medan biasanya dijual dengan harga di bawah Rp200 ribu, kini dibandrol Rp230ribu. Sedangkan untuk tiket bus nonstop yang biasanya Rp270.000, sekarang bahkan menjadi Rp320.000.

Sejumlah operator bus salah satunya, Sempati Star menjual harga tiket kelas Patas VIP saat ini sebesar Rp230ribu. Biasanya tiket kelas ini hanya dibandrol di bawah Rp200 ribu. Tingginya permintaan seiring dengan ketetapan pemerintah membolehkan mudik dengan cuti bersama mulai 29 April hingga 6 Mei 2022, membuat mobilitas warga meningkat.

Peningkatan itu pun seiring dengan kesiapan petugas kepolisian, Dishub dan TNI di posko yang didirikan di terminal ataupun Bandara. Hingga kini, terpantau untuk tiket bus tujuan Medan dari Banda Aceh sulit diperoleh. Jika pun tersedia dengan harga yang sudah naik Rp50.000 dari harga normal dan seat belakang. Pihak bus juga menjual seat di sebelah sopir yang biasanya diperuntukkan kondektur.

Namun, kondisi berbeda terjadi di Kota Medan. Untuk tiket bus tujuan Banda Aceh dari Kota Medan masih mudah didapatkan. Harganya pun masih terbilang normal, dengan kenaikan hanya sebesar Rp20.000.

Salah satunya tiket bus Sempati Star jenis Super VIP dengan kursi 1-1, biasanya pembelian melalui aplikasi dapat diperboleh seharga Rp230 ribu, namun kini dibandrol Rp260 ribu. Meskipun naik, namun tiket masih tersedia.

“Kalau tiket Medan-Banda masih mudah bisa diperoleh di aplikasi. Tapi tiket Banda-Medan sudah tidak ada di aplikasi. Susah. Mungkin karena banyak yang mudik dari Banda keluar,” kata Dwi Retno, warga Medan yang akan ke Banda Aceh. (sulaiman achmad)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments