Selasa, April 16, 2024
Google search engine
BerandaPolitikIlham Pagestu Pimpin Suara Tertinggi Caleg DPR RI, Disusul Ruslan Daud dan...

Ilham Pagestu Pimpin Suara Tertinggi Caleg DPR RI, Disusul Ruslan Daud dan Irmawan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ilham Pagestu dari Partai Golongan Karya (Golkar) hingga hari ini Senin (19/2/2024) memimpin suara terbanyak untuk Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI asal Aceh.

Hasil perhitungan sementara KPU, sampai pukul 10.00 WIB, Ilham Pagestu yang maju dari Dapil II Aceh sudah mengantongi 65.010 suara. Berdasarkan penelusuran, dari seluruh Caleg DPR RI yang maju pada Pemilu 2024 belum ada yang menyaingi Ilham Pagestu termasuk dari Dapil I Aceh.

Ilham Pagestu menggeser posisi Irmawan yang sebelumnya memimpin suara terbanyak. Kini Irmawan berada di posisi ketiga yaitu memperoleh 52.884 suara.

Sementara diposisi kedua terbanyak adalah H Ruslan Daud (HRD) dari Partai PKB dengan perolehan 63.145 suara.

Jika diurutkan tiga suara tertinggi di masing-masing Dapil, Irmawan masih memimpin suara terbanyak di Dapil I Aceh. Kemudian, disusul oleh Nazaruddin Dek Gam dari Partai Amanat Nasional (PAN) yaitu memperoleh suara sementara 50.553 suara. Selanjutnya disusul oleh Zulkarnaini Ampon Bang dari Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 47.293 suara.

Sebagaimana yang diketahui, Caleg DPR RI Dapil 1 ini akan memperebutkan tujuh kursi yang meliputi Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Aceh Besar, Pidie, Simeulue, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Jaya, Nagan Raya, Pidie Jaya, Kota Banda Aceh, Kota Sabang dan Kota Subulussalam.

Sementara tiga suara terbanyak di Dapil II Aceh adalah Ilham Pagestu, kemudian H Ruslan Daud dan Samsul Bahri Tiyong sebanyak 33.820 suara.

Caleg di Dapil II ini akan memperebutkan enam kursi dari wilayah Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Utara, Bireuen, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Kota Lhokseumawe dan Kota Langsa.

Kendati demikian, hasil ini masih bersifat sementara dan nama tersebut dapat berubah-ubah, karena saat berita ini ditayangkan Dapil I Aceh baru 4.023 dari 8.478 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang masuk atau (47,45) persen. Begitu juga di Dapil II Aceh, baru 4.097 dari 7.568 TPS yang masuk atau (54,14) persen. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER