Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaSumutHMJ Kessos UMSU Bangun Kampung Iklim Terpadu di Sei Tuan, Deli Serdang

HMJ Kessos UMSU Bangun Kampung Iklim Terpadu di Sei Tuan, Deli Serdang

Medan (Waspada Aceh) – Guna mendorong penerapan pembangunan berkelanjutan (SDGs), HMJ Kessos Fisip UMSU melakukan gerakan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim bersama masyarakat Desa Sei Tuan Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (20/7/2023).

Sebelumnya, HMJ Kessos Fisip UMSU (Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) juga berhasil meraih hibah pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tim PPK Ormawa HMJ Kessos Fisip UMSU mengangkat tema, “Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim dengan Pendekatan Comunity Based Davelopment untuk Kampung Iklim Terpadu di Desa Sei Tuan”.

Kegiatan ini dibuka secara resmi pada, Kamis, (20/7/2023), di Aula Kantor Desa Sei Tuan. Dihadiri Wakil Dekan III FISIP UMSU, Tim SRCC UMSU, Ketua dan Sekretaris Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UMSU, Kepala Desa Sei Tuan, tokoh masyarakat dan puluhan masyarakat Desa Sei Tuan yang nantinya menjadi kelompok sasaran penerima manfaat dalam program ini.

“Ada 2.110 organisasi kemahasiswaan se-Indonesia yang ikut serta dalam program ini, HMJ Kessos Fisip UMSU merupakan salah satu dari 608 organisasi kemahasiswaan yang terpilih oleh Kemendikbudristek untuk mendapatkan dana hibah dalam menjalankan program,” kata Wakil Ketua SRCC UMSU Edy Suprayetno.

Wakil Dekan III FISIP UMSU Yurisna Tanjung nemambahkan, program ini merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa terkait pengabdian pada masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Ketua Prodi Kessos Fisip UMSU Mujahiddin, menurutnya ini merupakan bagian dari implementasi pembelajaran mahasiswa selama di ruang perkuliahan.

“Pengabdian dan pemberdayaan masyarakat adalah ruang praktik bagi mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial. Selain itu, program ini tentu juga menyahuti terlaksananya pembangunan berkelanjutan, terkhusus pada poin 17 SDGs”, tambahnya.

Kepala Desa Sei Tuan Parningotan Marbun, dalam sambutannya menyatakan banyak terimakasih karena telah memilih desanya sebagai mitra dalam program ini.

Sahran Saputra selaku Dosen Pendamping program ini menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat dalam program ini sangat menentukan tingkat keberhasilan program.

“Saya berharap masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam program ini, sehingga terjadi kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan masyarakat penerima manfaat dalam menjalankan program,” terangnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments