Senin, Maret 4, 2024
Google search engine
BerandaAcehHari Gizi Nasional, Sri Dewi Kurnilawati : Cegah Stunting Konsumsi Protein Hewani

Hari Gizi Nasional, Sri Dewi Kurnilawati : Cegah Stunting Konsumsi Protein Hewani

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Hari Gizi Nasional 2023 ke 63 dijadikan momentum penting untuk menurunkan angka stunting di Aceh. Salah satu upaya dalam pencegahan stunting adalah dengan konsumsi protein hewani.

Protein hewani, seperti daging, telur, dan susu menjadi sumber protein yang paling baik. Hal itu disampaikan dalam peringatan Hari Gizi Nasional yang diselenggarakan oleh Flower Aceh-UNICEF bekerjasama dengan TP-PKK Aceh, Dinas Kesehatan Aceh dan TP-PKK Kota Banda Aceh, di Kantor Camat Meuraxa, pada, Sabtu (28/1/2023).

Kegiatan tersebut merupakan kampanye, demo Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dan cooking competition dengan tema “Ayah dukung MPASI pangan lokal untuk mencegah stunting (Jagoan Makan Telur)”.

“Peringatan Hari Gizi Nasional adalah sebagai momentum penting dalam meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan,” kata Ketua TP-PKK Kota Banda Aceh, Sri Dewi Kurnilawati.

Sri mengatakan berdasarkan laporan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021, sebanyak 31,2% anak usia di bawah lima tahun (balita) di Provinsi Aceh mengalami stunting. Salah satu upaya pencegahan stunting, anak harus mendapatkan ASI eksklusif dan MPASI pada usia enam bulan.

“Selain protein hewani, MPASI juga harus mengandung lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Pemberian MPASI yang tepat dapat membantu dalam mencegah stunting dan memberikan dukungan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat dan bebas stunting,” tuturnya.

Selain itu, kata Sri, protein hewani dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan, seperti asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan otot dan tulang. Protein hewani, seperti daging, telur, dan susu, adalah sumber protein yang paling baik.

“Harapan saya terbentuknya sinergi antara sektor pemerintah dan masyarakat sebagai aksi dalam pencegahan stunting di Aceh. Serta membangun kesadaran bersama dan perubahan perilaku masyarakat terkait konsumsi protein hewani sebagai salah satu langkah pencegahan stunting,” ungkap Sri.

Officer Nutrition UNICEF Aceh, dr Natasya Phebe, mengatakan makanan tinggi protein hewani merupakan salah satu upaya dalam mecegah stunting. Protein hewani, seperti daging, telur, dan susu, adalah sumber protein yang paling baik.

“Telur adalah salah satu sumber protein hewani terbaik, yang bisa menurunkan resiko stunting dan gizi buruk pada anak. Selain mempunyai kualitas protein terbaik, telur juga mengandung 9 Asam Amino Esensial dengan komposisi yang berimbang,” ungkap dr Natasya.

Program Manager Dukungan Kerjasama UNICEF Indonesia Flower Aceh, Hendra Lesmana, mengatakan para ayah dan kelompok lelaki penting terpapar tentang pentingnya pemenuhan gizi anak dalam mendukung perkembangan tumbuh kembang anak, apalagi di masyarakat peran ayah dan laki-laki masih mendominasi dalam pengambikan keputusan strategis.

“Harapannya melalui lomba memasak hari ini yang melibatkan kelompok laki-laki dan juga merupakan ayah bisa menjadi corong informasi yang medorong para ayah dan kelompok laki-laki bisa lebih berperan serta dalam pemenuhan gizi anak dan keluarga,” ujarnya.(*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments