Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaAcehDisnakermobduk Aceh: Tingkat Pengangguran di Aceh Turun Jadi 5,56 Persen

Disnakermobduk Aceh: Tingkat Pengangguran di Aceh Turun Jadi 5,56 Persen

Banda Aceh  (Waspada Aceh) – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh, Akmil Husen, mengatakan bahwa tingkat pengangguran di Aceh mengalami penurunan.

Data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan angka pengangguran di Aceh kini berada di angka 5,56 persen, Februari 2024, atau turun 0,19 persen dibanding Februari 2023 sebesar 5,74 persen.

“Pencapaian ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang kami lakukan, seperti memberikan kesempatan pelatihan kepada masyarakat,” kata Akmil Husen usai kegiatan memperingati Hari Buruh yang digelar oleh BPJS Ketenagakerjaan Kota Banda Aceh, Selasa (14/5/2024).

Akmil menambahkan, Disnakermobduk Aceh telah menyelenggarakan program pemagangan untuk mempersiapkan angkatan kerja agar mampu bersaing di segala sektor pekerjaan.

“Tahun ini, kami sudah mengadakan pemagangan untuk sekitar 12 angkatan kerja. Kami bekerja sama dengan balai pelatihan dan vokasi di bawah Kementerian Tenaga Kerja, serta BLK kabupaten dan kota. Peserta juga mendapatkan sertifikat untuk mempermudah mereka bersaing dalam tes kerja,” jelasnya.

Lebih lanjut, Akmil menegaskan komitmen Pemerintah Aceh untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja melalui perlindungan tenaga kerja. “Kami mengimbau perusahaan di Aceh untuk memastikan hak-hak pekerja mereka terpenuhi, termasuk keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Penurunan angka pengangguran ini diharapkan dapat terus berlanjut dengan berbagai program dan kerja sama yang dilakukan oleh Disnakermobduk Aceh bersama berbagai pihak terkait. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER