Beranda Info Aceh Jaya Dayah Bantuan Jokowi Terbakar, Pj Bupati Aceh Jaya Cek instalasi Listrik

Dayah Bantuan Jokowi Terbakar, Pj Bupati Aceh Jaya Cek instalasi Listrik

BERBAGI

Aceh Jaya (Waspada Aceh) – Pj Bupati Aceh Jaya, Nurdin, mengingatkan kepada pengurus dayah dan santri untuk mewaspadai bencana kebakaran.

Nurdin menyebutkan, penghuni dayah agar hati-hati pada pengunaan kabel listrik agar tidak terjadi korsleting listik yang menyebabakn terjadi kebakaran.

“Kita harus berikhtiar mencegah terjadi kebakaran dengan berbagai cara melalui pencegahan. Jika terjadi kebakaran ada langkah cepat dari dinas pemadam kebakarna dan warga agar kebakaran cepat dipadamkan dan tidak menjalar ke bangunnan lain,” kata Nurdin, Sabtu (30/7/2022).

Nurdin menuturkan, kebakaran adalah cobaan dari Allah kepada hamba-Nya. “Sebagai hamba yang dhaif kita menerimanya dengan ikhlas. Di sisi lain, sebagai umat kita wajib berikhtiar agar tidak terjadi kebakaran atau kecelakaan. Setelah dilakukan ikhtiar maksimal, kita pasrah menerima cobaan tersebut,” ujarnya.

“Saya menyampaikan prihatin atas kebakaran di gedung asrama putra di lantai IV Dayah Pesantren Terpadu Darul Abrar, Gampong Sayeung, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya yang terbakar pada Jumat (29/07/2022) sekitar pukul 17.30 WIB.Syukur tidak ada tidak ada korban jiwa. Terima kasih kepada Damkar Aceh Jaya dan warga yang telah bekerja cepat dan bersama warga,” prihatin Nurdin.

Sebagaimana diketahui, polisi masih mencari penyebab kebakaran yang hanya menghanguskan ranjang, dan lemari santri, serta merusak bagian plafon asrama tersebut. Api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit dengan bantuan santri dan mobil pemadam kebakaran yang bergerak cepat setelah mendapat adanya terjadi peristiwa kebakaran di lokasi pesantren tersebut.

Saat kejadian, Nurdin dalam perjalan pulang dari kunjungan kerja ke Kecamatan Indra Jaya dan langsung ke di lokasi kebakaran sekitar pukul 20.30 WIB. Pimpinan Daya Pesantren Terpadu, Walidi Teungku Mustafa Sarong, kepada Pj Bupati menjelaskan, api diketahui baru diketahui santri saat usai shalat ashar. Karena melihat asap yang begitu besar di lantai IV asrama putra yang baru selesai dibangun tahun 2018 melalui bantuan Presiden Jokowi. Asrama ini belum dilakukan serah terima sampai saat ini dan langsung digunakan sebab santri sangat membutuhkan.

Nurdin menuturkan Dinas Sosial Aceh Jaya sedang berkoordinazi atas kerusakan dengan akan memberikan bantuan. Nurdin menyebutkan sangat sedih sekali atas musibah ini. Minggu sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Aceh Jaya untuk melakikan asesmment terhadap instalasi listrik di dayah-dayah di Aceh Jaya. (Ria)

BERBAGI