Sabtu, Juli 13, 2024
Google search engine
BerandaBulog Aceh Gelontorkan Beras untuk Stabilkan Harga

Bulog Aceh Gelontorkan Beras untuk Stabilkan Harga

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Perusahaan Umum (Perum) Bulog Divre Aceh meluncurkan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium di halaman depan Kantor Bulog Aceh di Banda Aceh, Selasa (4/9/2018).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan nasional yang dipusatkan di Bulog Pusat Jakarta. Tujuannya untuk menjaga ketahanan pangan nasional dengan memperhatikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan pokok khususnya beras.

Peluncuran KPSH tersebut dihadiri unsur Pemprov Aceh, yaitu Kadisperindag Aceh. Hadir juga Kepala Perwakilan BI Aceh (selaku Wakil Ketua TPID Aceh) serta Satgas Pangan Polda Aceh dan Pejabat dari Kodam IM. Sedangkan dari Pemko Banda Aceh hadir Wakil Wali Kota Banda Aceh, serta Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh.

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Aceh, Basirun mengatakan, pelaksanaan kegiatan KPSH merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri Perdagangan kepada Dirut Perum Bulog tanggal 31 Agustus 2018, perihal Penetrasi Pasar Beras dalam rangka Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga.

“Jadi ini kegiatan serentak secara nasional di seluruh Divre Bulog dan dipusatkan di Bulog Jakarta,” ujar Basirun.

Perum Bulog Divisi Regional Aceh selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota serta instansi terkaitdalam melaksanakan kegiatan untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok beras agar harganya tetap terjangkau masyarakat.

Menurut Basirun, untuk melaksanakan kegiatan KPSH ini Bulog Divre Aceh akan mengoptimalkan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP) di seluruh wilayah Aceh, dengan berbagai saluran atau jaringan distribusi yang ada. Seperti Mitra Distributor beserta kios/toko downlinenya, pedagang pengecer, Rumah Pangan Kita, Satgas OP Bulog dan bekerjasama dengan sinergi BUMN yang ada di Aceh, khususnya BUMN di bidang pangan.

Hingga saat ini Perum Bulog Divre Aceh, selama tahun 2018, telah menggelontorkan stoknya untuk OP CBP sebanyak 8.429.944 kg dan akan terus ditingkatkan jumlahnya.

Adapun harga beras Medium CBP untuk curah (kemasan 50kg) sesuai ketetapan pemerintah adalah Rp8.600,- per kg gudang Bulog. Untuk harga di tingkat konsumen saat ini Rp9.000,- per kg untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sedangkan untuk wilayah lainnya menyesuaikan kebutuhan setempat melalui koordinasi dengan dinas terkait dan Satgas Pangan, dengan maksimal sesuai HET yaitu Rp9.950,- per kg. (B.01)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER