Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaBPBD: 9.428 Jiwa di Kota Medan Terdampak Banjir 

BPBD: 9.428 Jiwa di Kota Medan Terdampak Banjir 

Medan (Waspada Aceh) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan menyatakan sebanyak 10 kecamatan, 14 kelurahan dengan 3.267 KK dan 9.428 jiwa penduduk Kota Medan terdampak banjir.

Curah hujan yang tinggi beberapa hari belakangan menjadi penyebab banjir di Kota Medan. Banjir bahkan meluas setelah jebolnya tanggul Sungai Deli. Hingga Senin pagi tadi, air tampak masih menggenangi rumah warga, seperti terlihat di kawasan P.Brayan, Tanjung Mulia dan Kampung Aur Medan.

“Telah terjadi banjir luapan yang disebabkan intensitas hujan tinggi dan luapan Sungai Deli, Babura, Sei Batuan, Sunggal, pada hari Minggu 27 Februari pukul 18.30 WIB. Banjir menggenangi pemukiman warga di beberapa wilayah kecamatan di Medan,” kata Kepala BPBD Medan, HM Husni, Senin (28/2/2022).

Kondisi di kawasan P.Brayan, Medan, Senin pagi (28/2/2022), tampak banjir masih menggenangi. (Foto/Ist)

Husni mengatakan, wilayah yang terdampak itu antara lain Kecamatan Medan Johor di Kelurahan Kwala Bekala. Kecamatan Medan Selayang di Kelurahan Beringin, Jalan Sari Rejo Gg Mandor & Gg Sareman, Kelurahan PB Selayang di Jalan Bunga Terompet serta di Kelurahan Tanjung Sari Jalan Seroja.

Untuk Kecamatan Medan Maimun di Kelurahan Aur Jalan Suprapto, Kelurahan Hamdan Jalan Teratai, Kelurahan Sei Mati di Jalan Brigjend Katamso.

Di Kecamatan Medan Baru terjadi banjir di Kelurahan Petisah Hulu, Jalan S Parman Gg Pasir hingga Jalan S Parman Gg Sawo Lingkungan 12 dan Kelurahan Titi Rantai.

Lalu, Kecamatan Medan Sunggal di Kelurahan Tanjung Rejo Jalan Perjuangan Lk 13 dan 19. Sedangkan di Kecamatan Medan Polonia Kelurahan Sari Rejo dan Karya April Lingkungan 07.

Di Kecamatan Medan Denai Kelurahan Binjai di Jalam Menteng II Gang Pembangunan. Untuk Kecamatan Medan Labuhan di Kelurahan Martubung Jalan Yos Sudarso, termasuk Kecamatan Medan Marelan di Jalan Titi Papan hingga Kecamatan Medan Amplas Kelurahan Harjosari Jalan Bajak 1.

“Saat ini kita Siaga. Warga diminta untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir susulan, mengingat cuaca ekstrem dan hujan deras mengguyur Kota Medan pada prakiraan BMKG,” tegasnya.

Sementara itu, pada Senin siang ini, sekitar pukul 13.20 WIB, hujan lebat kembali mengguyur Kota Medan. Kini masyarakat kembali khawatir, banjir semakin meluas. (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER