Beranda Aceh Angka Perceraian di Aceh Meningkat, IKADI Aceh Launching Sekolah Calon Linto dan...

Angka Perceraian di Aceh Meningkat, IKADI Aceh Launching Sekolah Calon Linto dan Dara Baro

BERBAGI
Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) Aceh melaksanakan webinar Pra Nikah dan Launching Sekolah Calinda. (Calon Linto dan Dara Baro), Sabtu (17/72021). (Foto/ist).

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ikatan Dakwah Indonesia (IKADI) Aceh melaksanakan webinar Pra Nikah dan Launching Sekolah Calinda (Calon Linto dan Dara Baro), Sabtu (17/72021).

Ketua Ikadi Aceh, Safrilsyah Syarief, mengatakan, program IKADI Aceh ini diperuntukkan kepada kaum muda mudi yang ingin mempersiapkan diri menuju pernikahan dengan memberikan pembekalan kepada peserta sekolah selama 3 bulan dalam 12 kali pertemuan.

Ia mengatakan, program ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya IKADI Aceh untuk meminimalisir angka perceraian di Aceh yang semakin tinggi. Data menunjukkan bahwa sejak tahun 2019 sampai 2020 angka perceraian di Aceh terus meningkat.

Oleh karena itu, katanya, IKADI Aceh berinisiatif untuk mengadakan Sekolah Calinda. Itu sebagai salah satu bentuk upaya IKADI untuk menyebarkan nilai-nilai Islam terutama nilai-nilai dalam membangun rumah tangga yang islami sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Hadist.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada semua pihak baik Kanwil, DP3A, KUA dan berbagai lembaga lainnya atas kerjasamanya untuk menyukseskan acara ini,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Aceh, Nevi Ariyani, yang memberikan kata sambutan sekaligus melaunching Sekolah Calinda IKADI di Aceh. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu kerja-kerja DP3A Aceh

“Karena itu kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini sangat diperlukan untuk calon dara baro dan linto dalam memasuki gerbang perkawinan. Dan bimbingan pranikah adalah suatu keharusan sebelum memasuki pernikahan agar memperoleh kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga,” ujarnya.

Ketua Muslimah IKADI Aceh, Majidah Nur, mengatakan tercatat 144 antusias peserta yang mengikuti webinar Pra Nikah dan 100 orang yang mengikuti Sekolah Calinda. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan beberapa lembaga lainnya yaitu HDMI Aceh, Salimah Aceh, SWA, Komunitas Aceh Menyusui, Ldk Ar-Risalah, Ldf An-Nafs, Ldk Fosma Unsyiah, Sakinah Finance, dan ISC Al-Fatih juga didukung oleh Dinas DP3A Aceh.

“Harapannya para peserta bisa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini sehingga mendapatkan bekal yang cukup dalam membangun rumah tangga nantinya”, Ucap Majidah Nur, Ketua Muslimah Ikadi Aceh. (Cut Nauval Dafistri)

BERBAGI