Senin, Maret 4, 2024
Google search engine
BerandaAcehAksi Nyata Elnusa, Tanam 1.000 Trembesi Jadikan Langit Biru

Aksi Nyata Elnusa, Tanam 1.000 Trembesi Jadikan Langit Biru

Krueng Raya (Waspada Aceh) – PT Elnusa Petrofin (EPN) Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) menunjukkan dukungan nyata dalam Program Langit Biru dari PT Pertamina (Persero) dengan Net Zero Emission melalui penanaman 1.000 pohon trembesi di seluruh unit operasional EPN di Indonesia.

Aksi ini merupakan wujud nyata program sosial EPN yang tidak hanya fokus pada bisnis distribusi BBM ke masyarakat melalui ratusan unit tangki yang beroperasi di Provinsi Aceh semata. Kegiatan ini ditandai dengan Kick Off penanaman 200 pohon trembesi secara simbolis oleh Direktur Keuangan & Administrasi EPN, Hanny Retno Hapsari di Lapangan Benteng Iskandar Muda, Krueng Raya, Provinsi Aceh, pada Kamis pagi (15/06/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh, Kepala Balai Cagar Budaya Banda Aceh, Sekretaris Camat Mesjid Raya, Hilmi Shi, Danramil Mesjid Raya, Kapolsek Mesjid Raya, Pak Keucik (Kepala Desa) dan jajaran manajemen PT Elnusa Petrofin.

Program Penanaman Trembesi ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara HUT EPN ke-27, yang dikemas dalam bentuk CSR melalui Pilar Petrofin Peduli yakni Petrofin Resik.

Aksi penanaman pohon ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap penerapan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) di perusahaan serta berkontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin 13 yakni penanganan perubahan iklim. Dalam implementasinya, kegiatan ini mampu menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 0,0011% dengan menyerap 28.500 TonCO2eq.

Hanny Retno Hapsari mengatakan bahwa
proses penanaman 200 bibit trembesi pagi ini dilakukan di sepanjang jalan yang menjadi wilayah lintasan mobil tangki PT Elnusa Petrofin khususnya di wilayah Banda Aceh.

“Penanaman trembesi serta tanaman pengurang emisi karbon lainnya nantinya juga akan dilakukan secara bertahap di 82 wilayah operasional Elnusa Petrofin lainnya di seluruh indonesia selama bulan Juni-Juli 2023” tutup Hanny.

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Eka Nugraha mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin atas program ini dan menanggap program ini sangat penting.

“Pohon ink memiliki manfaat luar biasa selain mengurangi emisi, memproduksi oksigen dan lain sebagainya sehingga kita juga harus dapat merawat dan menjaga pohon yang kita tanam agar manfaat yang diterima dengan penanaman pohon ini dapat berdampak maksimal” ujar Eka Nugraha. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments