Jumat, September 20, 2024
BerandaAcehSMKN 2 Banda Aceh Jamin Perlindungan Siswa Magang Melalui BPJS Ketenagakerjaan

SMKN 2 Banda Aceh Jamin Perlindungan Siswa Magang Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – SMKN 2 Banda Aceh menjamin keselamatan dan kesejahteraan siswa-siswinya yang tengah menjalani praktek kerja lapangan (PKL) dengan menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Banda Aceh.

Melalui kemitraan ini, sebanyak 324 siswa akan dilindungi oleh dua program jaminan sosial ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, selama lima bulan ke depan.

Penandatanganan kerja sama ini berlangsung pada 22 Juli 2024 di aula SMKN 2 Banda Aceh. Kepala BPJAMSOSTEK Banda Aceh, Iqbal, memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif sekolah yang memprioritaskan perlindungan siswa selama masa magang.

“Kebijakan ini merupakan langkah penting untuk melindungi siswa dari risiko yang mungkin terjadi selama praktik kerja. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah atas kesadaran ini. Dengan adanya perlindungan ini, diharapkan keluarga siswa tidak perlu khawatir jika terjadi kecelakaan kerja,” ujar Iqbal, Senin (29/7/2024).

Tak hanya itu, Iqbal juga menekankan pentingnya pembekalan bagi siswa mengenai BPJS Ketenagakerjaan. “Kami juga telah menurunkan tim untuk memberikan edukasi kepada siswa tentang BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini penting agar mereka dan pihak sekolah mengetahui langkah-langkah yang harus diambil jika terjadi musibah,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMKN 2 Banda Aceh, Baihaqi, menyambut positif kerja sama ini dan menekankan pentingnya manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan bagi siswa.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami berharap siswa dapat menjalani PKL dengan rasa aman. Meski kami tidak berharap ada musibah, perlindungan ini sangat penting agar mereka terlindungi jika hal tersebut terjadi,” ujar Baihaqi.

Selama lima bulan ke depan, seluruh jurusan di SMKN 2 Banda Aceh akan menjalani PKL di berbagai lokasi, termasuk beberapa yang berada di luar kota Banda Aceh.

Dengan adanya jaminan sosial ini, diharapkan siswa dapat fokus pada pembelajaran dan pengalaman kerja tanpa perlu khawatir tentang potensi risiko yang mungkin mereka hadapi. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER