Jumat, September 20, 2024
Beranda18 Titik Tanggul Sungai Jebol, Menteri PUPR Tinjau Lokasi Banjir Aceh Utara

18 Titik Tanggul Sungai Jebol, Menteri PUPR Tinjau Lokasi Banjir Aceh Utara

Aceh Utara (Waspada Aceh) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Basuki Hadimuljono bersama Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki, meninjau langsung lokasi tanggul sungai Krueng Keureutoe yang Jebol akibat terjangan banjir 5 Oktober 2022.

Rombongan Menteri PUPR tiba di Aceh dengan transportasi pesawat dari Jakarta dan mendarat di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, Selasa (18/10/2022). Menteri disambut oleh Penjabat Gubernur Aceh, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera I, Anggota DPR RI asal Dapil II Aceh H Ruslan Daud dan Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi serta unsur Forkopimda Aceh Utara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada wartawan di lokasi menyampaikan dia berkunjung ke lokasi banjir Aceh Utara atas perintah Presiden Jokowi, kerena mendapatkan laporan ada 18 tanggul yang jebol akibat dihantam banjir.

“Presiden juga mengarahkan segera memperbaiki tanggul jebol tersebut agar masyarakat kawasan daerah aliran sungai (DAS) dapat terhindar dari bencana banjir pada musim hujan,“ kata Basuki Hadimuljono.

Disebutkan, berdasarkan laporan yang diterima, secara keseluruhan tanggul jebol akibat banjir di Kabupaten Aceh Utara mencapai 18 titik. Namun, untuk sementara ini akan diperbaiki empat titik yang kondisi jebolnya parah.

“Saya memastikan bahwa dalam waktu dekat 4 titik tanggul yang rusak parah ini akan segera dibangun kembali. Kita telah meminta untuk segera ditangani agar masyarakat kawasan DAS Keureutoe terhindar dari bencana banjir pada musim hujan akhir tahun ini,” terangnya.

Sementara Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi menyebutkan, sebelumnya sudah melaporkan secara langsung tentang bencana banjir ini kepada Menteri PUPR.

“Alhamdulillah hari ini Pak Menteri PUPR bersama rombongan sudah datang langsung ke sini. Kita harapkan penanganan darurat bencana, terutama tanggul sungai yang rusak dapat segera selesai,” kata Azwardi.

Setelah meninjau titik jebol tanggul di Gampong Mancang Kecamatan Lhoksukon, selanjutnya rombongan Menteri PUPR bergerak ke kawasan Kabupaten Aceh Timur untuk meninjau pembangunan jaringan irigasi Langkahan – Arakundoe sayap kanan yang didanai APBN. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER