Kamis, September 19, 2024
BerandaAcehAceh Barat Kabupaten yang Rawan Bencana

Aceh Barat Kabupaten yang Rawan Bencana

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) terus melakukan pelatihan terhadap relawan dalam penanganan darurat bencana tahun anggaran 2019.

Pelatihan tersebut berlangsung selama 3 hari ini ini, dimulai Rabu 4-6 September 2019, di Hotel Meuligoe, Meulaboh, Aceh Barat.

Pembukaan pelatihan relawan penanganan darurat bencana ini dilaksanakan Rabu 4 September 2019, pukul 20.30 WIB malam, dibuka oleh Bupati Aceh Barat yang diwakili oleh Asisten II Aceh Barat, Marhaban.

Ketua Panitia Pelaksana, Fazli, menyampaikan, pelatihan itu dihadiri 40 peserta yang berasal dari daerah/desa. Pelatihan relawan bencana ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penanggulangan bencana dalam rangka mewujudkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Mengingat, tambah Fazli, penanggulangan bencana di Aceh masih dihadapkan pada beragam persoalan, diantaranya minimnya pengetahuan dan keterampilan bagi para relawan dalam mengadapi berbagai kondisi, sebelum, saat dan setelah terjadi bencana.

“Aceh Barat merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana. Bencana Karhutla yang paling besar dan bahkan yang paling sering terjadi tahun ini ada di Kabupaten Aceh Barat.” ungkap Fazli.

Pelatihan menghadirkan pemateri dari beberapa instansi terkait penanggulangan bencana.

Asisten II Aceh Barat, Marhaban, menyambut baik kegiatan itu dengan harapan pelatihan relawan yang diadakan oleh BPBA dapat membangun pengetahuan dan pemahaman bagaimana penanganan bencana.

Usai pembukaan secara resmi oleh Asisten II Aceh Barat, acara dilanjutkan dengan kegiatan pemakaian rompi secara simbolis kepada peserta relawan bencana. (akb)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER